Kamis, 2 Rabiul Awwal 1444 H / 29 September 2022

Di Mana Bukit Tursina Berada?

Eramuslim.com – Allah SWT berfirman dalam surah at-Tin ayat 1-3. Artinya, “Demi buah tin dan zaitun. Demi (Bukit) Tursina. Dan, demi negeri yang aman ini.”

Berbagai pertanyaan muncul dari ayat tersebut. Salah satunya, di manakah sesungguhnya keberadaan Bukit Tursina?

Di Mana Bukit Tursina Berada?

Hampir semua ahli tafsir menyepakati, Bukit Tursina adalah lokasi di mana Nabi Musa AS menerima wahyu dari Allah. Namun, mereka berbeda pendapat dalam memutuskan letak Bukit Tursina tersebut.

Setidaknya, ada tiga versi tentang Bukit Tursina.

Versi pertama, Bukit Tursina berada di wilayah Mesir. Lokasinya berada di Gunung Munajah, di sisi Gunung Musa. Lokasi ini dikaitkan dengan keberadaan Semenanjung Sinai.

Pendapat ini didukung oleh Sayyid Quthb dalam Fi Zhilal al-Qur’an. Menurut dia, Tursina atau Sinai itu adalah gunung tempat Musa dipanggil dan berdialog dengan Allah SWT.

Namun, hal ini dibantah Sami bin Abdullah al-Maghluts dalam bukunya, Atlas Sejarah Nabi dan Rasul. Bagi dia, pendapat yang mengatakan Tursina berada di wilayah Mesir sangat lemah. Sebab, perkataan itu hanya mengandung kekeliruan pemahaman yang diidentikkan dengan kata ‘Sinai’.

“Siapa yang bisa memastikan bahwa yang dimaksud Allah SWT dengan Tursina itu adalah Sinai, Mesir? Sekiranya memang benar demikian, tentunya Allah SWT tidak mengatakan Siniin jika maksudnya Sinai.”

Versi kedua. Mengutip pendapat Muhammad bin Abdul Mun’im al-Himyari dalam bukunya, Al-Raudh al-Mi’thar fi Khabari al-Aqthar. Dikatakan, Tursina adalah bukit yang terletak di barat daya negeri Syam (Suriah). Di sini pula, demikian pendapat itu, Allah SWT berbicara secara langsung dengan Nabi Musa AS.

Sementara itu, dalam al-Qamus al-Islam, kata Tursina dijelaskan sebagai “gunung yang tandus.” Nama Bukit Tursina disebutkan dalam Alquran sebagaimana surah at-Tin ayat 1 dan surah al-Mu’minun ayat 20.

Ar-Razi dalam tafsirnya menyebutkan, banyak dalil yang menguatkan pendapat bahwa yang dimaksud Thuur Siniin adalah bukit di Baitul Maqdis.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Menanti Bayi

Kamis, 10/12/2009 11:23

Decision-Making Risks

Senin, 13/12/2010 14:13

Sebuah Keputusan

Jumat, 01/05/2015 14:56

Motor Butut dan HP Gaptek

Senin, 04/08/2008 14:17

Hak Memberikan Sebutan Ahli Bidah

Selasa, 06/02/2007 08:33

Kelainan Psikis Seks Saya

Senin, 27/02/2006 10:26

Marah saat Puasa, Batal?

Jumat, 24/04/2020 16:30

Baca Juga

Oase Iman Lainnya

Trending