Selasa, 18 Rabiul Awwal 1443 H / 26 Oktober 2021

Ini yang Ingin Dilakukan Orang Mati Seandainya Hidup Lagi

Eramuslim.com – Alquran dan hadits telah banyak menunjukkan keutamaan dan manfaat dari sedekah.

Alquran menyebut sedekah menjadi amal yang didamba orang mati. Ilustrasi orang meninggal

Di antaranya, sedekah akan dapat memadamkan murka Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

إن صدقة السر تطفئ غضب الرب تبارك وتعالى

“Sedekah secara sembunyi-sembunyi itu memadamkan amarah Tuhan.”

Dalam Alquran juga diungkapkan bahwa sedekah merupakan perkara yang paling ingin dilakukan orang yang meninggal seandainya dia dihidupkan lagi ke dunia. Allah SWT berfirman:

وَاَنْفِقُوْا مِنْ مَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُوْلَ رَبِّ لَوْلَآ اَخَّرْتَنِيْٓ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۚ فَاَصَّدَّقَ وَاَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian) ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS Al Munafiqun ayat 10).

Allah SWT telah menetapkan bagi hamba-Nya ibadah yang memiliki banyak manfaat di dunia dan di akhirat, seperti dapat menyembuhkan penyakit, menangkal musibah, dan melindungi dari api neraka.

Salah ibadah yang memiliki keutamaan itu adalah sedekah.

Rasulullah SAW telah mengungkapkan kepada umat Islam tentang manfaat sedekah, yang di antaranya dapat menolak bencana, memadamkan murka Allah, dan mencegah dari kematian yang buruk.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ وَتَدْفَعُ مِيتَةَ السُّوءِ “Sedekah itu dapat memadamkan murka Allah dan mencegah dari keadaan mati yang jelek.” (HR Tirmidzi).

Imam Al Baihaqi dari riwayat Ali bin Abi Thalib RA, yang berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

باكروا بالصدقة فإن البلاء لا يتخطّاها

“Segeralah bersedekah! Sungguhlah, musibah tidak dapat melangkahinya.” Maksudnya adalah bahwa sedekah itu merupakan bendungan atau tanggul yang kokoh kuat terhadap musibah (bala). Musibah tidak akan dapat menerjangnya.

Dalam masalah sedekah, Nabi SAW juga bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Imam Ath Thabarani, beliau bersabda:

– أَحَبُّ الأعمالِ إلى اللهِ عزَّ وجلَّ سرورٌ تُدخِلُه على مسلمٍ ، تَكشِفُ عنه كُربةً ، أو تقضِي عنه دَيْنًا ، أو تَطرُدُ عنه جوعًا ، ولأَنْ أمشيَ مع أخٍ في حاجةٍ ؛ أَحَبُّ إليَّ من أن اعتكِفَ في هذا المسجدِ يعني مسجدَ المدينةِ شهرًا

“Amal perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberi kebahagiaan kepada sesama Muslim dan menghiburnya saat dia dilanda kesusahan, atau meringankannya saat dia dililit utang, atau memberinya makanan saat dia merasakan lapar. Karena, aku lebih menyukai berjalan bersama seorang Muslim yang berbagi dengan orang yang sedang membutuhkan, daripada melakukan iktikaf di masjid selama satu bulan penuh.” (HR Ath Thabrani).

[Republika]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Oase Iman Lainnya

Trending