Senin, 28 Safar 1444 H / 26 September 2022

Ketika Malaikat Pencabut Nyawa Tertawa, Menangis dan Terkejut

 

Eramuslim.com – Sebuah kisah yang diambil dari Kitab Tadzkirah oleh Imam Qurhubi, menceritakan percakapan Allah SWT dengan Malaikat Izrail. Kisah ini bermakna sangat dalam dan harus menjadi panduan umat manusia dalam menjalani hidup demi hidup kekal kelak di surgaKata malaikat, “Ketika aku bersiap-siap mencabut nyawa seseorang, aku melihatnya berkata kepada pembuat sepatu agar dibuatkan sepatu sebaik mungkin supaya bisa dipakai selama setahun. Aku tertawa karena belum sempat orang tersebut memakai sepatu pesanannya, sudah kucabut nyawanya,”.

Allah melanjutkan pertanyaannya,”Apa yang membuatmu menangis?,”

Maka malaikat menjawab, “Aku menangis ketika hendak mencabut nyawa seorang wanita hamil di tengah gurun padang pasir dan hendak melahirkan. Aku menunggu sampai banyinya dilahirkan. Lantas kucabut¬† nyawa wanita itu sambil menangis karena mendengar tangisan banyinya karena tidak ada satupun orang yang mengetahui kelahiran bayi tersebut,”

“Lalu apa yang membuatmu kaget dan terkejut ?,” lanjut Allah.

“Aku terkejut dan kaget ketika hendak mencabut nyawa salah seorang ulama Engkau. Aku melihat cahaya terang benderang keluar dari kamarnya, setiap kali aku mendekatinya cahaya itu semakin menyilaukanku seolah ingin mengusirku, lalu kucabut nyawanya disertai cahaya tersebut,” jawab malaikat.

Allah bertanya lagi, “Apakah kamu tahu siapa lelaki itu?,”

“Tidak tahu ya Allah,” jawab malaikat

 

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Preman Ini Jadi Ulama Besar

Rabu, 09/02/2022 16:10

Perdagangan Yang Rugi

Rabu, 09/02/2022 11:10

Oase Iman Lainnya

Trending