Selasa, 4 Jumadil Awwal 1444 H / 29 November 2022

Korup Alias Rakus

macam manusiaManusia berkaki dua, Ayam juga berkaki dua, memiliki mata, hidung dan telinga, bedanya dengan Manusia, Ayam tidak memiliki tangan.

Sedangkan Monyet memiliki tangan dan kaki serta organ-organ tubuh lainnya, mata, hidung dan telinga.

Kaki yang dimiliki Monyet fungsinya hampir sama dengan tangannya, yaitu dapat menggenggam sesuatu dan nama binatang yang satu ini, yaitu Monyet sudah kesohor sekali sebagai binatang yang Rakus.

Sifat Rakus atau dalam ungkapan lain dikenal dengan istilah Tamak. Dan ternyata sifat Tamak itu tidak hanya dimiliki oleh Monyet tapi juga sifat itu dimiliki oleh makhluk yang namanya Manusia. Akh masa’ ???

Ya, lihat saja di Negeri ini betapa seringnya kita mendengar berita banyak orang yang terlibat kasus Korupsi dengan nilai rupiah yang dikorup besarnya sangat Spektakuler, Ratusan juta hingga Milyaran bahkan bisa lebih dari itu.

Padahal bisa jadi bahwa sebenarnya uang yang dimiliki sebelumnya sudah lebih dari cukup, lantas untuk apa mereka mencari lebih dengan cara yang tidak halal seperti itu, lalu sebenarnya uang sebanyak itu akan dipergunakan untuk apa sih… ?! Hmm…

Begitulah bila sifat Tamak sudah merasuk di dalam diri seseorang, dia tidak akan pernah bisa mengendalikan nafsu Dunianya (Hubuddunya – Cinta Dunia).

Dalam hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bila seorang manusia punya dua lembah penuh berisikan emas, maka ia pasti mengharapkan punya lagi lembah ketiga. Hanya tanahlah yang cukup untuk menyumbat mulut dia”.

Jadi wal hasil hanya kematianlah yang akan menghentikan keinginannya, yaitu ketika tanah sudah memenuhi mulut dan perutnya.

Demikian saja, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya dan Berhati-hatilah kita terhadap sifat Tamak !

Laa Hawla wa Laa Quwwata illa Billaah – Hadanallah wa iyyakum ajma’in

Ibnu Adam

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Jangan Ragu dengan Rezeki Allah

Rabu, 28/01/2015 14:35

Catat ! Ini Tentang Kematian

Sabtu, 24/01/2015 10:40

Jepang, Di Sini Cinta Bersemi

Senin, 19/01/2015 10:35

Oase Iman Lainnya

Trending