Kamis, 20 Rabiul Awwal 1443 H / 28 Oktober 2021

Lakum Dinukum Waliyadin, Prinsip Bagi Umat Muslim

Arti Bacaan Lakum Dinukum Waliyadin, Prinsip Bagi Umat Muslim

Arti bacaan lakum dinukum waliyadin. Foto: Pixabay

Dalam akidah agama Islam, umat Muslim diwajibkan untuk memegang teguh pada prinsip yang menjauhkan mereka dari perdebatan duniawi. Salah satunya adalah arti dari surat Al Kafirun ayat 6 yang berbunyi lakum dinukum waliyadin artinya “bagimu agamamu dan bagiku agamaku.”

Dalam Al quran surat Al Kafirun menjelaskan tentang tidak adanya bentuk kompromi untuk mencampuradukkan ajaran agama. Khususnya pada ayat 6, di mana ayat tersebut berisi seruan untuk menentang segala bentuk perbuatan selain ibadah kepada Allah SWT.

Disebutkan dalam tafsir yang terdapat dalam situs Kementerian Agama, lakum diinukum waliyadiin berarti tidak ada perbuatan tukar-menukar dengan pengikut agama lain dalam hal peribadahan kepada Allah SWT. Ibnu Jarir Ath Thobari menjelaskan kalimat lakum dinukum waliyadin yaitu sebagai berikut:

“Bagi kalian agama kalian, jangan kalian tinggalkan selamanya karena itulah akhir hidup yang kalian pilih dan kalian sulit melepaskannya, begitu pula kalian akan mati dalam di atas agama tersebut. Sedangkan untukku yang kuanut. Aku pun tidak meninggalkan agamaku selamanya. Karena sejak dahulu sudah diketahui bahwa aku tidak akan berpindah ke agama selain itu.” (Tafsir Ath Thobari, 24: 704)

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Oase Iman Lainnya

Trending