Senin, 10 Rabiul Akhir 1441 H / 9 Desember 2019

Bal’am, Nabi Yusuf, dan Penguasa

Eramuslim.com -Alquran memerintahkan agar rakyat mematuhi Ulama dan Umara (pemimpin). Untuk itu, keduanya diharapkan bekerjasama dalam memajukan kehidupan rakyatnya. Dalam lintasan sejarah, terdapat beberapa peristiwa yang bisa dijadikan pelajaran untuk kehidupan negara-bangsa modern seperti saat ini.

Tafsir Alquran tematik yang diterbitkan Kementerian Agama Tahun 2012 dengan judul Al-Qur’an dan Isu-Isu Kontemporer II menceritakan beberapa peristiwa terkait relasi antara ulama dan umara pada zaman nabi-nabi. Salah satunnya adalah kisah kerjasama antara Nabi Yusuf dan raja Mesir yang berhasil menyelamatkan rakyatnya dari kelaparan.

Kisah itu terdapat dalam surah Yusuf (12) pada ayat 47-48. Nabi Yusuf kala itu mengimbau agar rakyat Mesir untuk memanam gandum secara baik selama tujuh tahun berturut-turut.

Semua hasil panen selama tujuh tahun itu haruslah disimpan dalam bentuk gabah agar tak membusuk. Rakyat Mesir bahkan diminta hanya mengambil gandum untuk kebutuhan sehari-hari keluarga saja. Intinya mereka diminta untuk berhemat.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Nasihat Untuk Kita Semua

Selasa, 30/07/2019 09:46

Kisah Hikmah Dari Seorang Jenderal

Senin, 22/07/2019 17:00

Oase Iman Lainnya

Trending