Ahad, 9 Jumadil Awwal 1444 H / 4 Desember 2022

Saat Hidayah Datang Menyapa

Kabar tentang Abel Xaviermantan pemain sepakbola Liverpool asal Portugal – yang memutuskan pensiun dari dunia sepak bola dan memeluk agama Islam yang pertama kuketahui dari Eramuslim, seketika mengingatkanku pada sosok bu “D”. Tak ada kaitannya memang antara pemain bola yang kemudian mengganti namanya menjadi Faisal Xavier tersebut dengan Bu D, kecuali keduanya adalah sama-sama mualaf.

Bu D adalah salah satu pembaca Oase Iman yang merasa tergugah hatinya setelah membaca salah satu tulisanku yang dipublish pertengahan Ramadhan tahun lalu. Seketika jiwanya terpanggil untuk berbagi rezeki dengan tokoh yang kujadikan inti dari tulisanku tersebut, namun sempat kutolak awalnya. Sebelumnya, ada pak K yang dengan segenap kerendahan hati – juga kutolak niat baiknya dengan beberapa alasan, diantaranya karena aku tak ingin justru kesan ‘memelas’ yang lebih menonjol dibanding pesan moral dan hikmah yang ingin kusampaikan melalui kisah nyata tersebut.

Adalah pak Yorang yang memperkenalkan Bu D padaku – yang kemudian meyakinkanku akan kesungguhan dan ketulusan Bu D untuk berbagi. Beliaulah juga yang memberitahuku bahwa Bu D ini adalah seorang mualaf. Singkat cerita, hanya dalam hitungan beberapa menit, Bu D telah mentransfer sejumlah uang yang menurutku jumlahnya cukup besar melalui rekeningku untuk kemudian kusampaikan pada keluarga yang kuangkat dalam tulisanku tersebut. Subhanallah! Tidak mudah memberikan sesuatu kepada orang yang belum dikenalnya, melalui orang yang tak dikenal pula kecuali dilandasi ketulusan berbagi dan keikhlasan beramal. Dan semua itu menjadi sulit apabila hidayah tak pernah datang dalam hatinya.

Sama seperti Faisal Xavier, akupun tak tahu persis bagaimana mula ceritanya Bu D ini menjadi seorang mualaf. Yang pasti, saat hidayah datang menyapa, ia akan datang dengan cara dan jalannya sendiri. Tak dapat dicegah, juga tak mudah dipinta. Allah memberikan hidayah kepada siapa saja yang dikehendaki Nya, dan tidak memberikan atau bahkan mencabut hidayah dari seseorang dengan kehendak Nya kapan saja dan bermacam caranya.

Seorang pengemis tua dan buta di salah satu sudut pasar Madinah, mengucap dua kalimat syahadat setelah tahu bahwa orang yang selama ini dengan lemah lembut menyuapinya tiap hari dan orang itu kini telah tiada adalah rosululloh yang setiap hari, setiap saat dibencinya. Bahkan dia selalu menghasut orang-orang untuk ikut membenci dan memusuhinya. Namun sebaliknya, meski Abu Thalib adalah seorang paman rosululloh yang dengan jiwa raga dan hartanya selalu melindungi rosululloh dan dakwahnya, namun hidayah tidak juga datang padanya sampai akhir hayatnya.

Faisal Xavier, Bu D dan para mualaf lainnya, sangat beruntung karena telah dipilih Allah SWT untuk menerima hidayah Nya. Bu D bukan saja telah mendapatkan anugerah terbesar dalam hidupnya, namun beliau telah mampu membagi manisnya hidayah itu kepada orang lain. Selamat datang, selamat bergabung di keluarga Islam saudara dan saudariku. Hidayah telah datang padamu, rawatl dan pupuklah dengan ibadah, jagalah dan pertahankan dengan segenap jiwa dan raga agar jangan pernah terlepas sampai kapanpun juga, hingga nyawa berpisah dari raga. Do’aku, do’a kami semua untuk kalian saudara-saudara baruku.

http://abisabila.multiply.com

[email protected]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Menikah Kedua, Haruskah Seizin Istri?

Selasa, 11/07/2006 12:57

Cahaya Allah di Fajar Nan Putih

Kamis, 15/01/2009 14:12

Derita Tanpa Kesudahan

Senin, 22/09/2008 12:05

Sisi Peradaban yang Terabaikan

Senin, 31/05/2010 08:06

"Maluu…, Bunda!"

Rabu, 20/08/2008 05:31

Bersegeralah Berbuat Kebaikan

Senin, 12/10/2009 12:52

Azhari Islamic School Jakarta

Rabu, 11/02/2009 17:27

Baca Juga

Bolehkah Saya Shalat di Tempatmu?

Selasa, 05/01/2010 13:53

Menanti Pertemuan Kelima

Selasa, 05/01/2010 07:59

Mengapa Cinta Itu Tak Jua Menetap?

Senin, 04/01/2010 17:02

Warisan Terbaik

Senin, 04/01/2010 14:19

Mengapa Aku Fully Covered

Senin, 04/01/2010 05:30

Oase Iman Lainnya

Trending