Senin, 28 Safar 1444 H / 26 September 2022

Memaknai Hari Kemenangan Di Rusia

Kemanangan dan senyuman biasanya datang beriringan, di saat orang menang entah apa saja bentuk kemenangan itu, biasanya orang bukan hanya senyum, tapi juga tertawa bahagia. Itu seperti dorongan dari dalam jiwa siapapun.

Namun banyak kita temukan dalam pergaulan sehari-hari dimana kita menemukan orang yang sukar sekali tersenyum, seakan semua hidup di dunia penuh dengan dosa dan noda dan semua orang "kotor" dihadapannya atau mungkin lebih kasar lagi " najis" Sehingga muncul kesan ini orang "sok suci".

Padahal mungkin memang bawaannya orang ini sejak dari "sananya" atau bawaan dari lahir, mungkinkah wajah muram bawaan dari lahir ? Ya…bisa saja, ya namanya manusia, manusia itu mempunyai watak dan sipat yang berbeda satu sama lain, termasuk anak kembar ? Anak kembar itu sama, namun tidak serupa ! Ya sama rupanya atau fisiknya, tapi beda sifat dan wataknya.

Kepada orang yang susah tersenyum seperti diatas, maka tulisan ini di buat, untuk mengajak berbagi dan tersenyumlah, karena dengan senyuman, paling tidak hidup yang kalau memang susah, akan sedikit terhibur. Kebetulan hari ini di Rusia ratusan juta orang sedang tersenyum bahagia, loh ada apa gerangan kok bisa tersenyum begitu banyak orang dan saat bersamaan ?

Ya… karena hari ini tanggal 9 Mei 2010 di Rusia diperingati " Hari Kemenangan Ke 65 Tahun !" Kalau di kita, Indonesia, seperti hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Kok mereka memperingai Hari Kemenangan, bukan Hari Kemerdekaan ? Ya karena memang meraka bukan memeperingati hari ketika mereka bebas dari penjajahan, tapi hari ketika mereka menang perang melawan tentara Jerman !

Nah lalu apa hubungannya antara Hari Kemenangan Rusia dengan senyuman ? Paling tidak di hari ini orang Rusia akan tersenyum kepada sesasam mereka, akan saling berjabat tanagan diantara mereka, akan saling mengucapkan Hari Kemenangan ( Dheum Pabedy ) dan mereka akan saling memeberikan setangkai bunga mawar, tiga, lima, tujuh, sembilan dan seterusnya, asal ganjil jumlah bunga mawarnya.

Mereka beriman juga pada : " Allah SWT suka pada yang ganjil ". Mawar tadi terutama akan diberikan pada veteran perang kemenagan, yang kalu dilihat dari sisi usia dan masih hidup, maka umur para veteran tersebut sekitar 80 an tahun ke atas ! Dan mereka dengan bangganya akan memakai baju kebesaran yang dipenuhi oleh berbagai macam tanda jasa yang disematkan dibaju mereka, bila tak muat akan disematkan pula pada selempang mereka, termasuk di topi yang mereka pakai, kalau laki-laki.

Nah jangan heran kalau di Hari Kemenangan ini wajah-wajah penuh senyum akan bertebaran di mana-mana, terutama para veterang perang tersebut, para veterang perang kemanagan tadi mekakai baju "Kebesaran" mereka, seragam tentara mereka di kesatuan masing-masing, jadi walaupun sudah kakek=kakek dan nenek-nenek mereka akan berjalan dengan "gagahnya’ dengan dada membusung ke depan dan dengan senyuman yang terus menerus. Wah hari ini orang Rusia banyak sekali " sedekah"nya, karena banyak senyumnya.

Hari ini mereka akan bervesta sepuasnya, taman-taman dan tempat-tempat rekreasi di buka grtais untuk umum ! Pangung-panggung terbuka disediakan hampir disetiap rayon dan karean sedang musim semi, dimana mendung suka mengantung di langit, maka dengan teknologi yang mereka milki, awan-awan yang menggantung tadi biasanya akan "ditembak " Maka mataharipun akan muncul atau kelihatan cahayanya, ya terutama pada saat upacara di Kremlin, di lapangan merah, yang memang sudah dihiasa sedemikian rupa, hingga Kremlin lebih terlihat cantik.

Spanduk yang bertulisan hari kemenang bertebaran di mana-mana dan ukurannyapun ga tanggung-tanmggung, ada bangunan yang "dibungkus" dengan tema tadi, bayangkan gedenya kaya apa. Jalan-jalan protokol di kota Moskow penuh dengan hiasan. Bendera Rusia dan bendera kota Moskow menghiasi mobil-mobil Bus dan Tremway, di depan, di bagain kiri kanannya.

Dan jalan-jalan protokol akan di tutup untuk mobil, jalan tersebut akan dipeuhi oleh "lautan" manusia yang berjalan kaki sepanjang hari ini atau sepanjang siang ini, karena matahari baru tenggelam sekitar jam 21 nanti ! Kalau di Indoensai ada acara "Malam Gembira" di Rusia hari ini acaranya " Siang Gembira" karean hampir semua acara berlangsung sepanjang hari, karena sampai jam 21 wn Moskowpun masih siang !

Kalau di Indonesia ada senyum kemenangan di hari Fitri, karena kita telah puasa sebulan penuh dalam melawan hawa nafsu, sehingga di satu syawal kita terbebas dari dosa-dosa, sehingga kita seperti bayi yang baru lahir, Karena tak punya dosa, dosanya sudah dilebur di bulan ramadhan itu, nah di Rusia senyum kemenangan, benar-benar ternyum dalam arti harfiah, bukan maknawiyah. Ya orang Rusia sedang tersenyum hari ini dan biasanya nanti sekitar jam 22 wm akan ditembakan kembang api atau ada pesta kembang api selama 10 – 30 menit dengan pusatnya di Kremlin.

Oya orang Rusia di hari kemanangan yang ke 65 ini akan lebih banyak senyumannya, apa lagi mereka juga sudah terbebas dari "bermuram durja" selama 70 tahun di bawah pemerintahan komunis. Pada jaman itu orang Rusia, tepatnya di jaman Uni Soviet tahun 1990 an ke bawah, susah tersenyum ! tersenyum pada saat itu seperti "barang mewah" yang tidak dimiliki oleh semua orang !

Mengapa ? karena saat itu pemerintahan komunis seperti monster yang memata-matai rakyatnya sendiri, terutama oleh KGBnya, Dinas Rahasia yang pada saat itu bukan hanya di takuti di dalam negeri, tapi juga di luar negeri !

Nah setelah kumunis hancur dan terkubur di "kandangnya" sendiri di tahun 1991an, mulailah rakyat Rusia banyak yang tersenyum, walaupun kesan "muram"nya masih sering kita temukan, terutama yang tua-tua. setalah Uni Soviet hilang dari peta dunia dan KGB di buburakan dengan simbolis di hacurkannya patung pendiri KGB di Bundaran Lubyanka, di depan kantor KGB, yang belum lama ada Metro yang di Bom itu ! Sekarang patung itu sudah tak ada di sana, di bundaran Lubyanka itu. Itulah tanda kemenangan senyuman, orang Rusia tak bermuram durja lagi, tak takut akan mata-mata KGB dan itulah hari kemenangan yang sesungguhnya bagi rakyat mereka !

Kembali kepada senyuman, senyum pada saudaramu adalah ibadah, berikan senyummu pada semua orang. Sedekah yang paling murah meriah, gratis ! Hanya bermodal kedua bibir yang tersungging penuh senyum maka tentramlah orang dihadapanmu. Berikan senyummu dan berbagilah dengan senyuman ….. dihadapanmu mereka adalah makhluk Allah, mereka diciptakan Allah untukmu berbagi, untukmu bergaul, untukmu bercerita, untukmu berteman.

Dunia akan sempit bila kamu tak mau senyum, orang akan menjauh darimu bila kamu tak mau tersenyum, dunia akan menutupi dirinya jika kau tak mau tersenyum. Dan semua akan menutupi dirinya padamu, jika kamu tak mau senyum. Senyum perkara kecil, namun berdampak besar. Baik yang melakukan atau yang tidak melakukannya, yang melakukan berdampak positif luar biasa bagi diri sendiri juga bagi orang lain, dan bagi yang tak mau melakukannya juga akan berdampak negatif bagi dirinya sendiri juga bagi orang lain.

Senyum adalah ibadah yang murah meriah, bahkan gratis ! Marilah tersenyum dan ajaklah orang lain untuk tersenyum, semoga rakhmat Allah akan mendatangimu dari arah yang tak terduga hanya karena senyumanmu. Allah seneng pada orang yang gembira dan menggembirakan orang lain, Allah juga menyayangi orang yang menyayangi orang lain, Allah juga menyintai orang yang bahagia dan yang suka membuat bahagia orang lain. Allah-pun sangat menyintai orang yang sangat menyintai orang lain karena Allah, awal dari itu semua dimulai dari yang kecil yaitu dengan senyum pada orang lain.

Senyumlah dan berbagilah, betapa indahnya hidup yang di isi dengan senyuman dan saling berbagi, sekecil apapun senyuman itu dan sekecil apapun saling berbagi itu, jangan segan bersedekah walau hanya dengan seteguk air atau walau hanya dengan sepotong roti. Jabat eratlah kawanmu, jabat eratlah saudaramu, jabat eratlah teman, karib, kerabatmu.

Mareka ada di sekelilingmu dan mereka adalah ladang amalmu untuk tersenyum, ladang amalmu untuk berbagi. Gembirakan mereka, bahagiakan mereka, sayangi dan cintai mereka, mulailah dari yang kecil, yaitu tersenyumlah, ucapkan salam dan jebat erat tangan mereka, selagi napas masih ada, selagi waktu masih berpihak padamu, selagi malaikat maut belum datang menjempumu, tersenyumlah !

Ayo sahabat semua mari kita budayakan senyuman dan jangan lupa bangsa Indonesia sudah dikenal seluruh dunia, termasuk di Rusia, adalah bangsa yang murah senyum, walau badai menghadang, walau hidup terhimpit hutang, walau kaki kaki-kaki telanjang, orang Indonesia tetap tersenyum ! Dan senyuman khas itu tak dimiliki bangsa lain. Jadi mengapa harus susah terenyum ? Mari hadapi hidup ini dengan senyuman, mari tersenyum, selagi senyum itu tak dilarang !

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Ketika Keikhlasan Itu Hadir

Rabu, 12/05/2010 13:57

Terima Kasih Atas Sebuah Episode

Selasa, 11/05/2010 13:43

Family Gathering *AsMaRa

Selasa, 11/05/2010 06:23

Kisah Muslimah Pejuang Quran

Senin, 10/05/2010 13:14

Bukan Menantang Ujian

Minggu, 09/05/2010 07:13

Awas, Setan Mengepungmu!

Sabtu, 08/05/2010 15:44

Oase Iman Lainnya

Trending