Sabtu, 14 Muharram 1444 H / 13 Agustus 2022

Anak Sering Main Game di Warnet dan Berbohong

Assalammualikum, Saya ibu dari 3 anak laki-laki, yang semuanya aktif yang pertama kls 1 SMP (12th), kedua kls 2 SD (7th), ketiga 2,5th saya bekerja dan suami bekerja d luar kota, saya selalu ketakutan setiap kali terima tlp dari rumah kalau-kalau anak-anak kenapa-kenapa. Saya ada masalah dengan anak pertama, dia itu lagi seneng-senengnya nongkrong di warnet main game online sampai malam gak pernah belajar, setiap hari saya nasehati iya-iya tapi tetep aja pergi lagi, padahal di rumah sudah ada modem yang memang saya batasi penggunaannya karena saya tidak mau menyalahgunakan fasilitas tersebut untuk hal-hal yang gak penting, dan dia juga sering berbohong masalah keuangan, bilangnya untuk bayar ini itu tapi ternyata untuk main game di warnet. Ya Allah saya bingung atau mungkin ini gambaran dari kesalahan-kesalahan yang saya lakukan dulu sewaktu saya seumur dia, mohon bantunya untuk mengatasi ini.

Wasalam

Yuli

Jawab :

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

Bu Yuli yang dirahmati ALLOH, mengenai anak ibu yang sudah SMP, sudah besar bu, dan sebagai orangtua ibu punya pengaruh paling besar dalam pembentukan anak, memang dilema buat wanita yang bekerja antara membantu suami mencari nafkah dan anak-anak yang tidak ada yang menjaga.

Saya mengerti anak ibu pasti bosan dirumah, jadi dia main game yang murah dan bebas adalah ke warnet, ya serba salah juga sih bu, kalau ibu nemani terus juga tidak mungkin, kalau mau diikutkan les atau club olahraga atau club pramuka, selain cuma sebentar, biayanya juga tidak sedikit les ini itu.

Walau ibu kasih internet dirumah dengan dibatasi, anak-anak sudah ketagihan bu main game apalagi sekarang banyak game online, game-game yang menarik dan semakin lama semakin menarik.

Jadi jalan satu satunya, dan saran saya adalah: ibu cari pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah dan rundingkan dengan suami, karena bila tidak segera anak ibu “didisiplinkan” sesuai dengan keinginan kita sebagai 0rangtua yang tidak mau anaknya main game terus menerus di warnet, maka kita para ibu harus segera kembali kerumah, dan berdoalah pada ALLOH agar ada penghidupan yang lain yang lebih baik.

Anak ibu bosan bu dirumah tidak ada yang dikerjakan dan juga tidak ada orangtuanya, mau ngobrol atau curhat juga ibunya tidak ada..jadi maklumlah kalau dia melarikan diri dan habiskan waktunya ke warnet.

Solusi lain, masukan anak ke pesantren, mudah-mudahan solusi ini bisa membantu masalah ibu sementara ini.

Wassalammu’alaikum

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Susah Untuk Shalat 5 Waktu

Selasa, 15/06/2010 07:07

Nilai Anakku Menurun

Jumat, 11/06/2010 07:07

Tidak Mau Pergi Sekolah

Rabu, 09/06/2010 07:07

Tentang Akhlaqul Karimah

Senin, 07/06/2010 07:07

Berdakwah Dalam Keluarga

Jumat, 04/06/2010 07:07

Konsultasi Pendidikan & Keluarga Lainnya

Trending