Senin, 26 Zulqa'dah 1443 H / 27 Juni 2022

Anak Tidak Mau Sekolah

Ibu, kami mempunyai anak umur 4,5 tahun dan saat ini kami bermaksud untuk menyekolahkan anak tersebut di sekolah TK. Tetapi, anaknya tidak mau sekolah walaupun sudah dibujuk. Kira-kira ada solusi buat kami ? Perlu ibu ketahui bahwa berdasarkan pengamatan kami anak kami ini mau belajar berdasarkan mood dan sangat mudah bosan, walaupun sekarang belum sekolah secara formal tapi dia telah mengenakl angka dan huruf. Terima kasih ata bantuannya.

Abdi Syah

Jawab :

Assalammu’alaikum wr. Wb.,

Bapak Abdi Syah yang dimuliakan ALLOH, mengenai anak bapak yang tidak mau sekolah,apakah sudah dicoba masukkan dia ke sekolah TK yang bapak maksud? Kalau memang tidak mau mungkin karena hanya ditanya. Saya pikir ada baiknya bapak masukkan saja ke sebuah sekolah TK yang mana ketika pendaftaran bapak ajak anaknya dan biarkan dia bermain-main di dalam lingkungan tempat bermain di TK tersebut, namun tidak usah dibilang bahwa dia akan bersekolah atau akan ditinggal, mungkin dia belum mau karena dalam bayangannya akan berpisah dengan ibundanya dan rumahnya serta akan dimasukkan ke suatu lingkungan yang asing baginya.

Ada baiknya sebelum betul-betul masuk ke sekolah yangbapak tuju, bapak berkali-kali membawa dia ke sekolah tersebut dan mengajaknya membaca buku di taman sekolah tersebut, berkenalan dengan beberapa guru yang akan mengajar anak bapak, lalu minta izin kepada pihak sekolah untuk bapak boleh menggunakan alat alat bermain outdoor, seperti mainan ayunan dan lain-lain. Insya ALLOH ketika sudah tebiasa dengan lingkungannya anak bapak akan mau ketika saatnya tiba, kalau bisa bulan juli sudah dimasukkan ke TK pak, agar umurnya tidak terlambat untuk masuk SD, apalagi bila anak bapak sudah mengenal huruf berarti dia mau belajar ya?!

Mengenai anak bapak yang suka bosan dan belajar hanya bila ada mood saja, tidak apa-apa pak, mungkin karena di rumah yang mengajar hanya bapak atau ibu saja, tidak ada kawannya dan juga metode yang berbeda dengan di sekolah. Metode pengajaran di sekolah biasanya dengan bermain dan gembira serta tepuk tangan, maka bila dengan bapak atau ibunya di rumah dia merasa bosan, karena kita tidak mungkin kan melompat-lompat seperti guru TK bila mengajar anak di rumah, kecuali bila istri bapak/ibunya memiliki sifat yang lincah dan gembira maka pola pengajaranpun akan lebih menyenangkan bagi si anak.

Ok pak, bersabar dan terus diusahakan, tapi jangan dibicarakan terus nanti dia bosan dan semakin kukuh menolak, gambarkanlah suasana bersekolah yang lucu, lincah dan menyenangkan. Biasanya anak-anak tidak lama kok adaptasinya, pasti akan segera ‘in‘ dengan situasi di kelasnya bila sudah berjumpa dengan kawan sebayanya.

Salam sayang ananda, wassalammu’alaikum

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Aku Ingin Yang Terbaik Untuk Anakku

Kamis, 14/01/2010 07:07

ANAK SUKA MENGHISAP JEMPOL

Rabu, 13/01/2010 07:07

Anakku Kurang Konsen Dalam Belajar

Selasa, 12/01/2010 07:07

Ijin Mengcopy Artikel

Minggu, 10/01/2010 07:07

Impian Membangun Sekolah Islam

Kamis, 07/01/2010 07:07

Konsultasi Pendidikan & Keluarga Lainnya

Trending