Jum'at, 14 Jumadil Awwal 1444 H / 9 Desember 2022

Kesiapan Masuk TK

Assalamualaikum wr wb. Dear Mam Fi Anak kedua saya, perempuan, Farras usia 4 tahun 4 bulan (kelahiran bulan Oktober 2005) sudah saya sekolahkan mulai umur 3 tahun. Bukan maksud saya menyekolahkan terlalu dini berhubung kami orang tuanya sama-sama bekerja dan hanya menitipkan anak-anak ke asisten (pembantu) saya kuatir dengan pengaruh lingkungan. Kalau kebetulan dapat asisten yang bagus mungkin tidak terlalu masalah tetapi seringnya berganti asisten dan pengalaman dengan anak pertama saya menjadi salah satu alasan menyekolahkannya, untuk bermain dan bersosialisasi. Kebetulan ada sekolah di dekat rumah sehingga tinggal buka pagar samping dan jalan beberapa langkah sudah sampai di sekolah. Sekarang anak saya tersebut sudah di TK A dan Insya Allah tahun ajaran berikutnya sudah di TK B. Artinya lulus dari TK B nanti usianya 5 thn 8 bulan, padahal Mam Fi SD-SD kebanyakan mensyaratkan usia 6 tahun sebagai batas minimal masuk ke SD karena dianggap sudah cukup matang dan mandiri. Sementara kalau saya tambah lagi masa sekolah di TK saya kuatir dia bosan. Tahun ajaran baru nanti rencananya akan kami pindah ke TK yang lebih berkualitas entah di TKIT atau di TK Islam lainnya yang lebih bagus. Mohon masukan dan sarannya Mam, apakah nanti saya masukkan ke TK B atau ngulang lagi di TK A? Terima Kasih Wassalam

L. Yuliani

Jawab:

Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, bu Yuliani yang dicintai Allah, bu mengenai anak ibu baiknya masuk mana, terus aja bu di TK B, kalau dia mampu, namun sebaiknya nanti mengulang di TK B lagi bila umurnya belum cukup, namun disekolah yang agak susah, seperti ada anak yang masuk ke jisc mengulang di TK B jisc dan diakui lebih susah jadi anaknya tidak bosan dan merasa tetap percaya diri. Ibu cari saja sekolah yang terkenal disiplin dan agak susah agar anak ibu, merasakan pergantian pelajaran, yang penting dialog dan komunikasi luas bu, anak mudah kok diajak berkomunikasi, dan mereka mudah menyerap,asalkan orangtuanya sabar dan selalu mendampingi bila dia kebingungan.

Oh ya bu, ada juga sekolah yang terima anak usai 6 tahun kurang, tunjukan saja ijazah Tknya dan jelaskan dia sudah 3 tahun di TK, mudah-mudahan ada yang mau terima, wassalammu’alaikum.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Agar Anak Menurut Pada Ibunya

Selasa, 10/08/2010 07:07

Gila FB

Senin, 09/08/2010 07:07

Dimana Allah

Rabu, 04/08/2010 07:07

Masuk SD Dibawah 6 Tahun

Selasa, 03/08/2010 07:07

Kebanyakan PR dan Suka Berteriak

Senin, 02/08/2010 07:07

Konsultasi Pendidikan & Keluarga Lainnya

Trending