Senin, 10 Rabiul Awwal 1443 H / 18 Oktober 2021

Apa saja Mukjizat Nabi Isa as? Sobat Muslim Harus Tahu

Eramuslim.com – Setiap Nabi dan Rasulullah selalu dikaruniai dengan keajaiban yang berfungsi untuk melancarkan ajakan kepada umatnya. Bentuk, waktu turun serta tujuannya pun berbeda-beda. Sebagaimana mukjizat Nabi Isa sebagai salah satu senjata menaklukkan para penentangnya.

Mengenal Riwayat Kehidupan Nabi Isa AS

Sebelum masuk kepada pembahasan mengenai kemukjizatan yang dimiliki oleh Nabi Isa AS, alangkah lebih baiknya apabila Anda mengetahui dahulu bagaimana riwayat kehidupan beliau, mulai dari dilahirkan hingga diangkat menjadi Rasul.

  1. Fase dalam Kandungan dan Kelahiran

Nabi Isa memiliki riwayat kehidupan yang tidak biasa dibandingkan manusia pada umumnya. Beliau dilahirkan oleh seorang ibu bernama Maryam bin Imron tanpa seorang ayah pada tahun 622 sebelum kalender Hijriyah.

Maryam sendiri merupakan seorang perempuan suci dan taat di dalam menjalankan perintah Allah SWT. Hari-harinya dihabiskan untuk beribadah di sebuah ruangan khusus. Bahkan ceritanya, perempuan ini mendapat anugerah hidangan surga setiap hari.

Berita mengenai kelahiran seorang anak dari perawan suci ini pun membuat setiap tetangga menjadi kaget. Pasalnya, ia gadis yang dikenal tidak pernah disentuh oleh laki laki manapun. Namun begitulah, Allah telah menurunkan mukjizat kepada Nabi Isa AS sejak ia diciptakan dalam kandungan.

Berikut merupakan surah Al-Qur’an yang merangkum cerita tersebut di QS. Maryam ayat 19.

قَالَ اِنَّمَآ اَنَا۠ رَسُوْلُ رَبِّكِۖ لِاَهَبَ لَكِ غُلٰمًا زَكِيًّا

“Dia (Jibril) berkata, “Sesungguhnya aku hanyalah utusan Tuhanmu, untuk menyampaikan anugerah kepadamu seorang anak laki-laki yang suci.”

  1. Fase Nabi Isa Diangkat Menjadi Rasul

Singkat cerita, setelah mengalami berbagai cacian dan cobaan sejak dilahirkan, Nabi Isa pada akhirnya dibawa oleh ibunya ke Mesir. Tujuan awalnya yaitu untuk menghindari hinaan dan tentangan kaumnya. Di negeri inilah ia diangkat menjadi Rasul di usia 30 tahun.

Nabi Isa diberi sebuah karunia terbesar berupa Kitab Injil sebagai panduan ajaran suci dari Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam QS. Ali Imron ayat 48.

وَيُعَلِّمُهُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَۚ

 Dan Dia (Allah) mengajarkan kepadanya (Isa) Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.

Tantangan dakwah Nabi Isa pun silih berganti menghadang. Ajaran Injil pada awalnya hanya diterima oleh 12 orang pengikut saja yang disebut dengan Al Hawariyyuun . Mereka berasal dari Bani Israel, penghuni Kota Yerussalem.

Macam-Macam Mukjizat Nabi Isa AS

Setelah melewati berbagai macam tantangan tersebut, Allah akhirnya menurunkan beberapa kemukjizatan kepada Nabi Isa dan menjadikan umatnya terpaksa tunduk. Keajaiban tersebut terdiri dari 7 macam bentuk, berikut merupakan daftar keistimewaan sang Rasul:

  1. Berbicara Ketika Masih Bayi

Mukjizat Nabi Isa pertama dan yang paling awal adalah kemampuan berbicara ketika masih bayi. Peristiwa ini sangat berkaitan dengan kelahirannya tanpa seorang ayah. Sehingga, ibunya selalu mendapat cibiran ketika menggendongnya.

Ucapan bayi Isa ketika itu adalah untuk membela ibunya dari cibiran orang-orang yang mengatakan ia anak haram. Melihat fenomena tersebut, masyarakat pun menjadi sangat kaget dan aneh. Namun tidak bisa sedikitpun menyembunyikan kekaguman nya.

Perkataan Nabi Isa ini disampaikan dalam Al-Qur’an Surah Maryam ayat 30.

قَالَ اِنِّيْ عَبْدُ اللّٰهِ ۗاٰتٰنِيَ الْكِتٰبَ وَجَعَلَنِيْ نَبِيًّا ۙ

 Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Keajaiban Ucapan Bismillah

Senin, 18/09/2017 11:30

Mukjizat Quran & Sunnah Lainnya

Trending