Ahad, 2 Zulhijjah 1443 H / 3 Juli 2022

11 Ramadhan Dalam Lintasan Sejarah

gengis khanEramuslim – Bulan suci Ramadhan telah menjadi saksi sejarah banyaknya peristiwa penting yang mengubah peradaban umat Islam dari zaman diutusnya Nabi Muhammad ke muka bumi hingga saat ini.

Akan tetapi tahukah kita peristiwa penting apa yang terjadi pada tanggal 11 Ramadhan? Berikut kilasan sejarah di tanggal 11 Ramadhan.

Kemenangan Muslim pada Pertempuran Al Buwaib

11 Ramadhan tahun 13 Hijriyah menjadi saksi kemenangan pasukan Muslimin yang dipimpin oleh Al Muthanna bin Haritha mengalahkan pasukan Persia yang dipimpin Mehran Ben Bazan di daerah Buwaib, Irak.

Berkat pertolongan Allah Subhanahu Wata’ala pasukan Muslimin berhasil melintasi jembatan sungai Eufrat menuju daerah yang disebut Buwaib, dan mengalahkan pertahanan pasukan Persia di Irak.

Sejumlah sejarawan Islam berbeda pendapat mengenai kapan sebenarnya kemenangan umat Islam di Pertempuran Buwaib. Diantara mereka ada yang menyebut terjadi pada tanggal 12 ataupun 13 Ramadhan di masa Amirul Mu’minin Umar Bin Khattab.

Kematian Said bin Jubair

Tanggal 11 Ramadhan tahun 95 Hijriyah menjadi saksi wafatnya ulama hadits Saeed Bin Jubair di tangan Al-Hajjaj bin Yusuf.

Dikenal dengan nama kun-yah Abū Muhammad, beliau adalah seorang Tabiin yang berasal dari kota Kufah, Irak, yang banyak meriwayatkan beberapa hadits dari sahabat Ibnu Abbas.

Kematian Genghis Khan

11 Raamdhan tahun 624 Hijriyah juga menjadi saksi atas kematian Temujin atau yang dikenal dengan Genghis Khan, pendiri Kekaisaran Mongol. (Almasryalyoum/Ram)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

3 Cara Shalat Malam Setelah Tarawih

Senin, 04/05/2020 12:15

Mempertahankan Ibadah Ramadhan

Minggu, 16/06/2019 09:30

Ramadhan Lainnya

Trending