Ahad, 6 Rajab 1444 H / 29 Januari 2023

3 Tips Simpan Bahan Makanan Selama Bulan Puasa

Eramuslim – Bulan Ramadan kerap disebut sebagai momen pembersihan diri, baik secara rohani maupun jasmani. Hal ini karena selain untuk ibadah, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan karena dapat membantu metabolisme dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Namun, untuk meraih manfaat kesehatan selama berpuasa, penerapan pola makan yang sehat dan sesuai kebutuhan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan.

Sayangnya masyarakat kerap abai, dan cenderung kurang memperhatikan asupan ketika berpuasa. Certified Cullinary Nutrition Expert, Mia Maria menyampaikan pentingnya mengonsumsi variasi makanan segar dan bergizi pada saat sahur dan berbuka puasa.

“Untuk mendukung aktivitas selama berpuasa, tubuh membutuhkan asupan yang seimbang, dengan memadukan protein, lemak baik, serat, dan karbohidrat. Perlu diperhatikan, konsumsi makanan saat sahur dan berbuka memiliki fungsi masing-masing,” tulisnya dalam rilis Lemari Es Beko yang diterima VIVA, Jumat, 3 Mei 2019.

Lebih lanjut, Mia mengatakan bahwa makan saat sahur akan berpengaruh pada pasokan energi dalam tubuh untuk aktivitas pagi hingga sore hari. Sedangkan saat berbuka, tubuh membutuhkan asupan yang dapat mengembalikan energi untuk disimpan hingga malam hari yang durasinya lebih singkat dibandingkan siang hari.

Meski mempersiapkan bahan makanan untuk menu yang seimbang, bergizi dan variatif, tentu bukan tanpa hambatan. Namun, proses belanja bahan makanan dan cara penyimpanan menjadi tantangan tersendiri, khususnya di bulan Ramadan. Agar dapat menjalani ibadah dengan nyaman, tenang dan tetap sehat, berikut tiga tips persiapan pengelolaan makanan selama Ramadan.

1. Belanja di akhir pekan
Manfaatkan momen akhir pekan untuk berbelanja bahan makanan segar, dan persiapkan rancangan menu untuk sahur dan berbuka selama sebulan ke depan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

19 Ramadhan in History

Rabu, 14/06/2017 16:00

27 Ramadhan Dalam Lintasan Sejarah

Sabtu, 02/07/2016 10:15

Ramadhan Lainnya

Trending