Jum'at, 4 Rajab 1444 H / 27 Januari 2023

7 Masalah Kesehatan Ini Rentan Mengintai Saat Berpuasa

Eramuslim – Manfaat puasa untuk tubuh sudah tak diragukan lagi. Sayangnya, tak sedikit masalah kesehatan yang mengintai saat menjalani puasa dengan pola makan buruk.

Tuntutan asupan nutrisi yang baik selama berpuasa, bisa memberikan manfaat baik bagi tubuh. Sebaliknya, pola makan atau nutrisi buruk saat puasa, berpotensi membuat tubuh alami masalah kesehatan.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang rentan mengintai saat konsumsi nutrisi buruk ketika berpuasa, dipaparkan oleh spesialis gizi klinis, dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, di kawasan Gondangdia, Jakarta beberapa waktu lalu.

1. GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Untuk mencegah naiknya asam lambung, hindsri makanan yang digoreng berlebih serta santan yang tinggi lemak. Dianjurkan juga untuk hindari merokok selama bulan ramadan untuk mencegah asam lambung meningkat.

2. Diabetes

Gula darah yang terlalu tinggi memicu diabetes rentan terjadi. Maka, disarankan konsumsi asupan tepat seperti karbohidrat kompleks yang memiliki indeks glikemik yang rendah serta meminimalisir konsumsi gula.

3. Sakit kepala

Banyak hal yang bisa memicu sakit kepala saat puasa seperti kekurangan makan saat sahur atau terlalu banyak aktivitas di bawah panas matahari. Usahakan untuk mengonsumsi sumber nutrisi tepat seperti karbohidrat, protein, lemak serta sayur dan buah.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Ramadhan Lainnya

Trending