Sabtu, 14 Muharram 1444 H / 13 Agustus 2022

Fatawa Ramadhan; Manakah Yang Lebih Afdhol, Shalat Tarawih Dirumah Atau Berjamaah

shalat tarawih di istiqlalEramuslim – Kembali ke file yang dibuka oleh Darul Ifta mengenai sejumlah pertanyaan umat Muslim di bulan suci Ramadhan tahun 2015 ini.

Kali ini hukum Shalat Tarawih di rumah menjadi pembahasan yang akan di jelaskan sedikit oleh Lembaga Fatwa Republik Mesir. Apakah hukumnya?

Jawaban Darul Ifta; Shalat Tarawih seorang Muslim di rumahnya hukumnya adalah boleh, karena hukumnya adalah shalat sunnah nafilah. Akan tetapi lebih baik lagi jika dia dia pergi ke Masjid dan berjamaah menunaikan Shalat Tarawih hingga sepertiga malam seperti yang dicotohkan oleh baginda Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasallam.

Ini berdasarkan hadits;

لقول النبي صلى الله عليه وسلم لأصحابه لما صلى بهم التراويح في بعض الليالي إلى ثلث الليل وقال له بعضهم: لو نفلتنا بقية ليلتنا: من قام مع الإمام حتى ينصرف كتب الله له قيام ليلته رواه أحمد وأصحاب السنن بإسناد حسن من حديث أبي ذر رضي الله عنه

(“Barangsiapa yang shalat bersama imam hingga selesai, Allah akan menuliskan baginya, (pahala) shalat semalam penuh” [Diriwayatkan oleh Ahmad dan lainnya dengan sanad yang hasan dari hadits Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu] (Almasryalyoum/Ram)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Rezeki, Saat Ada dan Tiada

Sabtu, 01/02/2014 16:53

Ramadhan Lainnya

Trending