Kamis, 12 Muharram 1444 H / 11 Agustus 2022

Mau Mudik Lebaran Naik Mobil, Wajib Tahu yang Satu Ini

Eramuslim – Salah satu keuntungan mudik dengan kendaraan pribadi, adalah bisa membawa banyak barang. Meski demikian, bukan berarti hal itu bisa dilakukan sesuka hati.

Sebab, setiap mobil memiliki muatan atau beban maksimal berbeda-beda. Seperti yang disampaikan Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi.

“Avanza beban maksimal 540 kilogram, Rush sekitar 570 kg. Bisa diasumsikan, satu orang rata-rata bebanya 70 kg. Tujuh penumpang 490 kg, muatan barang 50 kg,” ujarnya kepada VIVA, Selasa 21 Mei 2019.

Didi mengatakan, pemudik yang mengangkut muatan berlebihan atau melewati batas maksimal yang ditentukan pabrikan, akan mengalami masalah di jalan. Penyebabnya, pengendalian dan pengereman jadi kurang maksimal.

“Yang harus diperhatikan adalah faktor keselamatan. Beban berlebih akan memperburuk pengendalian, jarak pengereman lebih jauh, dan bahan bakar lebih boros,” tuturnya.

Lebih lanjut Didi menjelaskan, penyusunan barang bawaan di kabin mobil juga harus benar. “Jika tidak benar, dapat merusak konsentrasi pengemudi atau kontrol pengereman, yang menyebabkan kematian atau cedera serius,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi. Dia mengatakan, membawa lebih banyak beban akan mempengaruhi kinerja mobil.

“Beban maksimal kendaraan adalah, berat total dikurangi berat kosong. Untuk Terios sekitar 600 kg, dan Xenia 560 kg. Jika melebihi itu, akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar, dan feelingberkendara,” tuturnya kepada VIVA. (vv)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Ramadhan Lainnya

Trending