Selasa, 7 Rabiul Awwal 1444 H / 4 Oktober 2022

From Indonesia With Love, Buka Puasa Berbagi Cinta di Mesjid Fukuoka

Marhaban ya Ramadhan…
From Indonesia with love

Set of menu: fried chicken with pineapple sauce, meat tofu, spicy quail eggs, cabbage-sausage and paprika sauté, spicy potato-shrimp and grapes
Kids menu : Ebi fry, chicken satay, meat roll, boiled edamame and vegetable spaghetti
Snack menu : fried spring roll, fruit pudding, palm sugar cake.

Begitulah kalimat pada tempelan manis dengan pembatas tulisan merah jambu, menghiasi kotak-kotak makanan untuk buka puasa di mesjid Fukuoka hari ini. Kerjasama Lillahi Taala yang dipersembahkan oleh muslim-muslimah di Fukuoka dan Iizuka, untuk saudara kita yang berpuasa di negeri samurai ini.

Tim Indonesia kebagian menyajikan makanan untuk grand-iftar minggu pertama. Alhamdulillah diberi kesempatan awal. Bukankah untuk melakukan amalan semakin cepat semakin baik, seperti sabda Rasulullah SAW.

Tahun ini adalah tahun kedua, kami bisa menikmati buka puasa bersama di mesjid An-Nour, Fukuoka yang berdiri april 2009 lalu. Satu-satunya mesjid di pulau Kyushu – Jepang. Dan tahun ini, ramadhan tiba pada puncak musim panas.

Belakangan, banyak laporan di televisi tentang orang Jepang yang masuk rumah sakit karena heat stroke. Ya Allah, berikanlah kami kekuatan lahir batin sehingga sempurna ibadah puasa kami kali ini. Amin..

Tanpa terhalang panas yang mengeringkan tenggorokan, tepat pukul dua, waktu yang disepakati untuk membungkus makanan, ibu-ibu muslimah dari daerah Ito dan daerah Hakozaki sampai di mesjid lantai 3. Maklum, kebanyakan kami adalah mahasiswa Universitas Kyushu, dan kampus terbesarnya ada di daerah Ito dan Hakozaki, tentunya selain di daerah Chikushi dan Ijiri.

Bahkan ada juga seorang muslimah, dengan semangat 45 menyetir sendiri mobil dari rumahnya di Yukuhashi yang berjarak 2,5 jam dari Fukuoka, demi mempersembahkan saus nanas asam manisnya. Gong persiapan untuk membungkus makanan sudah dipukul. Di tangan ibu-ibu solihah itu, 350 box makanan dewasa sudah siap sebelum pukul lima.

Sedikit lain dengan ramadhan lalu, muslim-muslimah Indonesia di Iizuka ikut andil dalam grand iftar di mesjid kesayangan kami. Iizuka adalah kota tetangga Fukuoka yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan mobil.

Di Iizuka terdapat salah satu universitas papan atas Jepang yaitu Kyushu Institute of Technology. Banyak mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di sana. Selain pelajar, ada juga beberapa orang Indonesia yang bekerja di perusahaan IT di Iizuka. Dan dari ibu-ibu Iizuka, 150 box makanan cantik untuk anak-anak, dengan menu yang menggiurkan seperti yang tertera diatas telah disiapkan.

Adzan maghrib bergema, dan semua bergulir dengan sempurna. Distribusi gelas dan minuman, dilanjutkan snack kami yang dilahap tak tersisa. Selepas sholat maghrib, box-box makanan mulai dibagi, diiringi teriakan-teriakan kecil dan tangisan balita.

Alhamdulillah banyak yang datang, sehingga banyak pula yang tidak kebagian tempat di lantai 3. Alhasil, setiap anak tangga dari lantai 2 ke lantai 3 penuh dengan orang yang menikmati bukanya. Mereka menikmati sajian kami dengan nikmat. Alhamdulillah…

Semua berjalan dengan semestinya, meski sedikit banyak ada desakan ibu-ibu menuju kotak makanan karena anaknya tidak kebagian makanan. Dalam hati saya bergumam, sehari lapar karena tidak makan dan minum. Kemudian kami dikumpulkan jadi satu dalam mesjid yang kapasitasnya jauh lebih kecil dibandingkan pengunjungnya. Membuat suasana menjadi semakin panas, karena hawa di luar memang panas.

Menjadikan suasana sedikit tidak terkendali, ketika banyak ibu bingung anaknya tidak kebagian box makanan anak. Lantas, bagaimana dengan alam barzah nanti, ketika kami dikumpulkan di padang Mahsyar. Ya Allah ampunilah dosa kami.

Kami baru sadar bahwa box makanan anak masih banyak di lantai bawah. Alhamdulillah semua bisa segera diatasi. Jazakumullah kepada bu Ira umar sebagai koordinator grand iftar kali ini, kepada ibu-ibu muslimah Iizuka, juga semua ibu-ibu muslimah Fukuoka tersayang.

Tidak lupa pada bapak-bapak muslim Fukuoka dan Iizuka yang kebagian logistik, antar jemput, angkut-angkut dan bersih-bersih. Terima kasih dan terima kasih. Semoga Allah membalas amal kita dengan kebaikan yang jauh lebih indah dari yang kita bayangkan. Amin ya robbal alamin.

(Kiriman Sri Fatmawati; Penulis adalah dosen ITS-Surabaya yang sedang menempuh S3 di Kyushu University – Fukuoka, Jepang)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Ramadhan di London dan sekitarnya

Jumat, 18/09/2009 09:20

Suasana Ramadhan di Yaman (bag.2)

Jumat, 11/09/2009 13:12

Ramadhan di Kuala Lumpur

Selasa, 08/09/2009 13:42

Ramadhan di Mancanegara Lainnya

Trending