Rabu, 9 Rajab 1444 H / 1 Februari 2023

Resensi Buku : Mengenal 4 Panglima Perang Muslim, Figur Muslim Yang Dibutuhkan Saat Ini

panglima besar2Khalid bin Walid

“Rasulullah SAW pernah bersabda kepadaku, bahwa aku adalah sebilah pedang dari pedang pedang Allah yang terhunus kepada kaum Musyrik.

Panglima Khalid bin Walid, seorang panglima pasukan Muslimin berjuluk Saifullah Al Maslul (Pedang Allah yang terhunus). Khalid bin Walid lahir sekitar tahun 592 Masehi. Sebagai panglima perang yang handal, dia memenangkan perang Yarmuk dengan hanya 40,000 prajurit dengan mengalahkan 160,000 tentara Kekaisaran Romawi yang dipimpin ole Jenderal Teodore Sacellarius. Khalid bin Walid telah berjuang fi Sabilillah selama lebih dari 100 peperangan yang dia menangi tanpa kekalahan.

Shalahuddin Al Ayyubi

“Siapapun yang meguasai Palestina maka ia akan menguasai dunia.”

Kata kata ini dilontarkan oleh Shalahuddin al Ayoubi, lewat perjuangan panjang nan melelahkan, Shlahuddin dan pasukannya mampu merebut kembali tanah Palestina yang telah 83 tahun lepas dari genggaman pemerintahan Islam. Setelah Sultan Shalahudin Al Ayyoubi berhasil memerintah Yerusalem, banyak raja pasukan salib yang berusaha menjajah kembali Yerusalem, semua usaha itu selalu digagalkan oleh Shalahuddin.

Thariq bin Ziyad

“Tidak ada jalan untuk melarikan diri !, laut di belakang kalian, dan musuh di depan kalian. Demi Allah, tidak ada yang dapat kalian lakukan sekarang kecuali bersungguh sungguh penuh keikhlasan dan kesabaran .

Thariq bin Ziyad adalah seorang panglima pasukan muslim pada masa dinasti Umayyah yang memimpin penakhlukan wilayah Andalusia pada tahun 711 M. Setelah pasukan Thariq mendarat di sebuah semenanjung bukit karang setinggi 425 Meter di pantai tenggara Spanyol, Thariq memerintahkan pasukannya untuk membakar semua kapal sehingga tidak ada jalan lain untuk melarikan diri selain bertempur habis habisan melawan musuh sampai meraih kemenangan atai mati sebagai Syuhada.

Ikrimah bin Abu Jahal

“Dahulu aku berperang untuk Latta dan Uzza, sekarang , aku serahkan jiwaku dengan ikhlas kepada Allah Azza wa Jalla.”

Ikrimah bin Abu Jahal adalah sahabat Nabi SAW yang juga merupakan anak dari Abu Jahal, Musuh tersengit Nabi Muhammad SAW. Dia adalah salah satu dari pemimpin Quraisy ketika terjadi pembebasan Makkah. Setelah pembebasan Makkah pada tahun 630 M, Ikrimah memeluk Islam. Dalam kepemimpinan Khalifah Abu Bakar ra, Ikrimah menjadi komandan bagi 10,000 prajurit Muslim dalam pertempuran penakhlukan Nabi Palsu Musailamah Al Kadzhab di Yamanah. Ikrimah juga memimpin 400 pasukan berani mati dari kalangan Muslimin dalam Perang Yarmuk melawan pasukan Kekaisaran Romawi.

Milikilah Bukunya :

Judul Buku       : Panglima Besar Islam, 4 Buku, Novel Biografi

Penerbit            : Madani Prima

Harga                : Rp 180,000 (Belum termasuk ongkos kirim)
Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : [email protected]com

 

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Resensi Buku Lainnya

Trending