Senin, 16 Muharram 1444 H / 15 Agustus 2022

Komik Nabi Muhammad; Ujian Cinta

Perilaku "macam-macam" terhadap Nabi Muhammad kembali berulang. Pencitraan buruk untuk pribadi mulia itu tidak hanya ketika hidup, tapi setelah beliau meninggal lama pun, usaha mengusik pribadi Rasulullah tidak berhenti. Beberapa waktu kemarin ada karikatur tidak sopan terhadap beliau dan mendapat kecaman keras dari dunia internasional. Kemudian berulang lagi dan mendapat kecaman lagi namun tak sekeras yang awal. Kini ada komik yang bercerita tentang Nabi Muhammad dengan bentuk yang berisi penghinaan tidak tanggung-tanggung.

Dari info yang ada di detik.com (Rabu, 19/11/2008 10:05 WIB) disebutkan bahwa ada dua cerita dalam komik tersebut dengan judul ‘Muhammad dan Zainab’ dan ‘Kartun Sex Muhammad dengan Budak’. Dua kartun tersebut, sangat banyak sekali menampilkan gambar yang disebutnya sebagai Nabi Muhammad. Pada ‘Muhammad dan Zainab’, misalnya, Nabi digambarkan sebagai sesosok orang mengenakan jubah hijau lengkap dengan surbannya. Wajah Nabi berewokan.

Tak hanya menampilkan gambar Nabi, komik di wordpress.com ini juga menggambarkan Muhammad sebagai sosok yang tidak pantas. Komik ini bercerita tentang kisah pernikahan Muhammad dengan Zainab yang merupakan mantan istri dari anak angkatnya, kisah Muhammad dengan Aisyah dan kisah Muhammad dengan budaknya, Mariah. Tiga kisah ini memang sering dijadikan senjata untuk memojokkan Islam.

Gambar-gambar Zainab dan Mariah dalam kartun ini ditampilkan dengan pakaian yang menggoda bahkan ada yang telanjang. Komik itu juga mengutip ayat-ayat Alquran dan hadist dengan penafsiran versi si komikus yang sangat menyesatkan. Pemerintah sudah seharusnya segera mengambil tindakan. Paling tidak, bisa meminta worldpress untuk menutup blog yang sangat menyesatkan dan cenderung meresahkan.

Kita lihat banyak reaksi dari berbagai pihak atas komik ini. Di situs Lampung Post Rabu (19/11) diberitakan bahwa Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) sudah menegur wordpress dan meminta untuk segera memblokir.

"Itu tidak bisa diblok dari sini karena postingnya kan dari luar. Jadi kita sudah berkirim kepada wordpress untuk segera diblok," ujar Kepala Bagian Informasi Publik Depkominfo Suprawoto.

Di situs Liputan6 Perwakilan organisasi Islam se-Solo, Jawa Tengah, Kamis (20/11) siang, mendatangi kantor kepolisian wilayah setempat. Mereka memprotes pemuatan komik Nabi Muhammad SAW dalam sebuah situs di internet.

Para pemrotes menilai komik tersebut sangat melecehkan dan merendahkan martabat umat Islam. Karena itu, pengunjuk rasa menuntut polisi setempat menyampaikan tuntutan mereka ke Markas Besar Polri terkait situs tersebut. Selain meminta menutup situs itu, mereka juga meminta polisi mengusut tuntas dengan menangkap pelaku dan penyebar komik tersebut.

Apapun yang terjadi, kasus semacam ini memberikan dua sisi. Sisi pertama adalah yang nampak terjadi di depan kita berupa pencitraan yang buruk terhadap Nabi Muhammad dan umat Islam. Sisi kedua, ini adalah ujian kecintaan bagi umat islam terhadap nabinya yang telah menuntunnya menuju jalan penuh cahaya, yang bertabur rahmat dan kasih sayang di kanan kiri, menuju kebahagiaan abadi dunia akhirat.

Setiap orang akan merasa terusik bila tokoh yang dicintainya dan dekat dengan kehidupannya dijelekkan. Mungkin tokoh itu adalah ayah, ibu, saudara, paman, guru atau siapa pun. Sebab cinta sifatnya adalah menggerakkan, baik raga maupun jiwa. Cinta sifatnya ada menjaga agar tak ada satu sakit walau seujung kuku pun menimpa orang yang dicintainya.. Episode kehidupan semacam ini bisalah kita gunakan untuk meraba sejauh mana cinta yang ada di dalam relung kalbu.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Sayidina Umar, Rasulullah bersabda:"Tidak beriman seorang diantara kamu sampai aku lebih ia cintai dari pada anaknya, bapaknya dan seluruh manusia."

Saya sempatkan untuk bertanya kepada hati kecilku…. adakah ia terusik dengan apa yang dilakukan terhadap Rasulullah..? atau sudah tidak ada lagi sisa kecintaan itu..?

Oh Rasulullah… maafkanlah kami..

Profil Penulis

Umarul Faruq Abubakar, kelahiranTilamuta, 30 Juni 1985, sekarang berstatus sebagai mahasiswa Universitas Al-Azhar-Mesir, fakultas Syariah Wal Qanun jurusan Perbandingan Mazhab
Aktifitas : Koordinator Divisi Kajian Studi Informasi Alam Islami (SINAI),  Majlis Penelitian dan Pertimbangan Relation Perpustakaan Mahasiswa Indonesia (PMIK) , Koordinator Departemen Keilmuan dan Kepakaran Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orsat Kairo

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Ilmu-ilmu yang Berserakan

Jumat, 26/05/2006 07:29

Selalu Memberikan Maaf

Rabu, 22/08/2007 06:02

Paus (Vatican) Juga Manusia

Selasa, 02/07/2013 09:46

Menuntut Prestasi Wakil Umat

Kamis, 29/07/2010 10:10

Berlindung Kepada Burung Garuda?

Selasa, 21/06/2011 11:12

Pindah ke Suatu Desa (1)

Sabtu, 11/04/2009 08:02

Agar Bisnis Tak Mengganggu Ukhuwah

Senin, 28/04/2008 05:40

Baca Juga

Kesadaran Pemuda Islam Indonesia

Kamis, 27/11/2008 14:38

Karakter Bangsa yang Terkikis

Rabu, 26/11/2008 13:32

Quo Vadis Politik Sekuler?

Selasa, 25/11/2008 06:45

Pragmatisme Kepemimpinan Kaum Muda

Minggu, 23/11/2008 07:48

Islam, Antara Teks dan Akal Manusia

Kamis, 20/11/2008 07:54

Sumber Daya yang Terlupakan

Selasa, 18/11/2008 07:47

Penyebab Rusaknya Ilmu

Minggu, 16/11/2008 15:24

Pemuda & Mahasiswa Lainnya

Trending