Rabu, 5 Zulhijjah 1443 H / 6 Juli 2022

Asma Nadia: Surga Buku di Negeri Minim Minat Baca

Eramuslim.com -Sudah lebih dari sebulan berdiri, namun gaungnya belum terasa kuat. Berita yang seharusnya menjadi viral, justru sepi di media sosial. Indonesia semestinya bangga akhirnya mempunyai gedung perpustakaan tertinggi di dunia. Sebuah bangunan mewah yang berdiri megah tepat menghadap Monas, di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Gedung yang terdiri atas 27 lantai, termasuk basement dengan ketinggian 126,3 meter ini, mengalahkan rekor perpustakaan tertinggi sebelumnya, yaitu Shanghai Library Insitute, yang memiliki ketinggian mencapai 106 meter. Desain Gedung Perpustakaan Nasional sangat modern, ramah anak, lansia, dan difabel serta menawarkan kenyamanan bagi pengunjung.

Sebelum masuk ke bangunan, mereka yang datang akan menjumpai semacam ruang seperti museum. Terdapat bilik yang menampilkan riwayat baca bangsa Indonesia. Memamerkan naskah-naskah kuno, huruf dalam berbagai tradisi suku bangsa, dan berbagai sejarah pustaka. Sudut lain menyajikan perkembangan media penulisan serta barang-barang yang menjadi saksi sejarah, seperti media tulis bambu, kayu alim, daun lontar, gebang, daluwang, kertas Eropa, hingga kertas Cina.

Begitu masuk di lobi, pengunjung akan berhadapan dengan rak penuh buku yang menjulang tinggi nyaris mencapai 30 meter atau setara empat lantai. Setiap lantai memberikan pelayanan yang berbeda-beda, pengunjung bisa memilih layanan apa yang dibutuhkan. Ada audio visual, layanan koleksi buku langka, layanan koleksi naskah, layanan koleksi foto, peta dan lukisan, koleksi monograf, layanan koleksi anak lansia, disabilitas, layanan multimedia, dll.

Suasana ruang baca didesain senyaman mungkin agar pengunjung bisa membaca dengan khusyuk dan berlama-lama. Aneka sofa warna-warni berukuran minimalis tersebar di seantero ruangan, melengkapi belasan rak buku yang berjajar rapi. Bagian tangga tak lepas dari sentuhan kekinian. Jika pengunjung perpustakaan suka membaca buku di tangga, mereka tinggal menggunakan bantal duduk. Bagi anak-anak disediakan ruang baca yang santai sekaligus tempat bermain.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

PRIBUMI, Nothing wrong with that!

Rabu, 18/10/2017 08:00

Beda Indonesia dan Amerika

Selasa, 17/10/2017 10:29

Perang Ideologi di Era Android

Minggu, 08/10/2017 10:00

Ahmad Dhani : Ini yang Paling Pas

Senin, 02/10/2017 04:30

Islam, Komunis dan Pancasila

Sabtu, 30/09/2017 15:30

Suara Pembaca Lainnya

Trending