Jum'at, 3 Rabiul Awwal 1444 H / 30 September 2022

Menanggapi Tulisan 'Bagaimana Islam Masuk Ke Afghanistan?'

assalamu’alaikum warahmatullah

Yth Redaksi Eramuslim. Alhamdulillah saya sangat tertarik dengan semua berita yg disuguhkan oleh Eramuslim. Hanya ada berita yg mengganjal saya terutama artikel ‘Bagaimana Islam Masuk Ke Afghanistan’. Beberapa kalimat menjelaskan bahwa agama yg dianut oleh Penduduk afghan adalah Budha sebelum Islam masuk. Mereka juga penyebar agama budha ke Pakistan dan India. Saya rasa ada kesalahan redaksi di sini. Bagaimana mungkin Budha yg berasal dari India, kembali disebarkan oleh penganut diluar india ke India lagi.Ini khan rancu.

Ada baiknya kita menelaah beberapa tulisan ahli sejarah mengenai asal-usul bangsa Afghan. Ada ilmuan Jerman (saya lupa namanya) yg menyelidiki asal-usul bangsa Afghan dan mereka menemukan suatu yg luar biasa. Seolah-olah ada keterkaitan antara Bangsa Afghan dengan Suku-suku Bani Israel yg hilang. Adat istiadat Bangsa Afghan sangat mirip dengan adat istiadat Bangsa Israel Kuno (bukan bangsa Jahudi Zionist sekarang). sehingga ada dugaan, bangsa Afghan kuno menganut keyakinan yg di bawa oleh Nabi Musa. Keyakinan ini menjadi adat-istiadat mereka. Hanya saja keyakinan ini pelan-pelan kemudian mengalami penyimpangan, ditambah lagi dgn serbuan kaum Hindu dan Budha yg berasal dari India.

Sehingga menurut saya, bukan hal aneh kalau penduduk afghan tidak begitu kesulitan memeluk Islam. Sebab Ajaran yg dibawa Islam tidak jauh berbeda dgn adat istiadat mereka.

Mohon tanggapan dan komentar yg baik buat saya

wassalamu’alaikum

Terima kasih atas tanggapan Anda dan menjadi masukan berharga bagi kami. Artikel itu ditulis berdasarkan sumber yang insyaAllah dapat dipertanggungjawabkan.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kecewa karena Gak Dijawab

Jumat, 16/04/2010 16:17

Buku Kompilasi Tulisan Pa Muhammad Nuh

Selasa, 13/04/2010 09:22

Sikap Pragmatis Muktamar NU

Kamis, 01/04/2010 10:57

Suara Pembaca Lainnya

Trending