Senin, 14 Rajab 1444 H / 6 Februari 2023

Pernyataan Sikap FSLDK Indonesia atas Penyergapan dan Blokade Israel Terhadap Freedom Flotilla

Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Indonesia

Bismillahi-rrahmani-rrahimi

SIKAP dan SERUAN kepada DEWAN KEAMANAN PBB, PEMERINTAH INDONESIA, dan MASYRAKAT INDONESIA atas PENYERGAPAN DAN BLOKADE ISRAEL TERHADAP FREEDOM FLOTILLA

Senin, 31 Mei 2010, berbagai media Lokal Indonesia dan kantor berita ANTARA di Jakarta,menginformasikan bahwa sebanyak 16 orang telah dikonfirmasi tewas dalam penyergapan oleh Israel terhadap “Freedom Flotilla [Armada Kebebasan]”, rombongan antar bangsa yang membawa misi kemanusiaan ke jalur Gaza, Palestina. Hasil tayangan televisi menunjukkan, kapal terkemuka dari rombongan kapal pengangkut bantuan kemanusiaan, Mavi Marmara, diserang oleh pasukan Israel yang masuk ke kapal setelah diterjunkan dari beberapa helikopter.

Sumber berita lain yang didapat dari wartawan Al Jazeera, Jamal Elshayyal, melaporkan bahwa pasukan Israel menggunakan peluru tajam di dalam operasinya itu. Radio Angkatan Bersenjata Israel menyebutkan, pasukan Israel melepaskan tembakan setelah sempat berkonfrontasi dengan sejumlah orang di atas kapal yang membawa sejumlah benda tajam.

Sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan atas tindakan pelanggaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan ini dan solidaritas terhadap Muslim, maka Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus tergerak untuk menyatakan sikap :

1. “Freedom Flotilla [Armada Kebebasan]” dengan kapal Mavi Marmara merupakan rombongan yang semata-mata mebawa misi kemanusiaan

2. Zionis-Israel telah melakukan penindasan, diskriminasi rasial, dan blokade atas Palestina. Hal ini merupakan perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia. Oleh karena itu Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Indonesia menolak segala bentuk apapun yang merupakan kegiatan mendukung pelanggaran dan penindasan oleh Zionis Israel terhadap Palestina.

3. Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan dewan tertinggi di Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk itu Forum Silatrrahim Lembaga Dakwah Kampus Indonesia meminta kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk:

a. menunaikan tugasnya dengan baik terutama terkait usaha untuk mengambil tindakan-tindakan terhadap ancaman perdamaian dan perbuatan yang berarti penyerangan.

b. Membawa kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia oleh Israel yakni Blokade atas Jalur Gaza dan penyerangan atas misi kemanusiaan “Freedom Flotilla” ke Mahkamah Internasional.

4. Berkaitan dengan keikutsertaan 12 warga Negara Indonesia dalam Freedom Flotilla maka Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Indonesia mendukung Pemerintah Indonesia untuk menempuh jalur hukum atas Israel dalam rangka melindungi dan menjamin warga negaranya.

5. Menghimbau kepada masyarakat Indonesia dan seluruh pihak, baik individu maupun lembaga, yang mengakui nilai kemanusiaan untuk terus menyalurkan dukungan material maupun moril terhadap upaya advokasi dan pembebasan Palestina dari kebiadaban dan kekejian zionis-Israel.

Akhirnya, sudah selayaknya bagi Bangsa Indonesia untuk kembali sadar dan mengakui bahwa setiap penjajahan di muka bumi harus segara dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusian dan peri keadilan. Segala bentuk kerusakan dan pengrusakan baik berupa fisik maupun moral harus segera dihentikan. Semoga Allah membimbing kita semua ke jalan yang diridloi-Nya.

“Jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama,maka kalian wajib memberikan pertolongan.” (QS. Al-Anfal [8] : 72)

“…Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, maka tidak boleh menzhaliminya, menelantarkannya, mendustainya, dan menghinakannya. Taqwa itu ada di sini (Rasulullah menunjuk dadanya tiga kali). Cukuplah sseseorang dikatakan jahat ketika ia menghinya saudaranya. Setiap muslim atas muslim lain haram darahnya, hartanya juga kehormatannya ” (HR. Bukhori)

Surabaya, 31 Mei 2010
Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus

Adistiar Prayoga
Koordinator PUSKOMNAS

Aksi Solidaritas, 1 Juni 2010, di KANTOR PERWAKILAN PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA (Jl. Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat)
Cp. Ugan Gandaika 081338250600

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Suara Pembaca Lainnya

Trending