Selasa, 17 Muharram 1444 H / 16 Agustus 2022

3 Peristiwa Gerhana Matahari pada Era Rasulullah

Eramuslim – Berbicara tentang gerhana matahari, ternyata tidak hanya terjadi saat ini. Pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, pun pernah mengalami beberapa kali gerhana matahari.

Dalam keterangannya, kepada Republika.co.id, di Jakarta, Kamis (26/12), Ketua Asosiasi Dosen Falak, Ahmad Izzuddin, mencatat ada delapan kali gerhana yang terjadi selama masa Nabi SAW, yaitu lima gerhana bulan dan tiga gerhana matahari. Berikut tiga gerhana matahari yang terjadi di era awal Islam.

  1. Gerhana matahari 21 April 627 M

Pada periode Madinah, gerhana matahari pernah terjadi pada Selasa, 21 April 627 M, atau jika dikonversi dalam tanggal Hijriyah, gerhana itu terjadi pada 29 Zulqaidah 5 H. Gerhana bulan muncul pada pukul 10.32 Wmd dan berakhir pada 11.11 WMd.

Meski terbilang cukup lama, gerhana matahari sebagian ini sangat kecil dan tidak terlalu jelas terlihat, karena persentase kemiringannya hanya 2 persen saja.

Menurut Izzudin, dirinya tidak mendapatkan riwayat bahwa di tahun itu Nabi SAW melaksanakan shalat gerhana. Boleh jadi tidak mendapatkan riwayat bahwa Nabi SAW melakukan shalat gerhana saat fenomena ini karena terlalu parsial hanya 2 persen saja.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tahukah Anda Lainnya

Trending