Rabu, 12 Jumadil Awwal 1444 H / 7 Desember 2022

Tiga Ungkapan Terkenal Tentara Mesir, Mitos Atau Fakta?

militer-mesirEramuslim.com – Ketika kita mendengar kata “tentara Mesir”, tentunya kita tahu tentang 3 ungkapan dunia yang terkenal banyak memuji kekuatan dan kedisiplinan tentara asal negeri Nabi Musa Alaihi Salam.

Dari ungkapan “tentara terbaik di dunia” sampai “tentara terkuat” yang sangat ditakuti oleh Zionis Israel, sehingga musuh nomor satu umat Islam tersebut menginginkan Mesir dipimpin oleh rezim diktator daripada dipimpin oleh seorang Muslim.

Tapi apakah ketiga ungkapan tersebut itu benar atau sekedar mitos? Mari kita buktikan satu persatu;

1. Tentara Mesir adalah tentara terbaik di muka bumi

Sering kali kita mendengar hadits yang berbunyi “Jika Allah Subhanahu Wata’ala membukakan kalian Mesir, maka pergunakanlah tentara dan prajurit mereka yang kuat. Karena mereka adalah sebaik-baiknya prajurit di dunia.”

Tapi apakah kalian tahu bahwa itu adalah hadits yang dhoif dan sesat ? Dalam telaah yang dilakukan oleh Prof. Dr. Mustafa Hassan, seorang professor hadits di Mesir menyatakan bahwa hadits diatas memiliki kedudukan dhoif (lemah), karena tidak adanya sanad yang kuat dari hadits tersebut.

2. Jika saya memiliki setengah dari tentara Mesir, maka saya akan menguasai dunia.

Tentunya kita sering mendengar ungkapan diatas yang disandarkan pada perkataan Napoleon III, seorang komandan revolusi terkenal Perancis yang mengadopsi banyak taktik Khalid bin Walid dalam peperangannya.

Akan tetapi menurut profesor sejarah di Universitas Ain Shams, Prof. Dr. Adli al-Hawari, dalam penelitiannya mendapati bahwa perkataan ini tidaklah keluar dari bibir seorang Napoleon, akan tetapi seorang tokoh mata-mata Mesir di era khalifah Mamaluk.

Prof. Dr. Adli menyatakan bahwa di era tersebut tentara Mesir sangat diandalkan untuk menjaga Qol’ah dan kota Kairo. Kebanggan tersebut ditambah lagi dengan menjadi pasukan khusus senjata api yang terdiri warga Mesir dan Turki.

3. Tentara Mesir adalah pasukan terkuat di muka bumi

Ini adalah ungkapan yang sering kita dengar dan di akui banyak warga negara-negara Arab di Timur Tengah, khususnya Mesir.

Menurut catatan sejarah menyatakan bahwa ungkapan di atasa banyak dikatakan para pemimpin militer Mesir untuk membangkitkan moral dan semangat tentara mereka setelah kalah dalam perang melawan Zionis Israel pada tahun 1967.

Menurut hasil terbaru yang dikeluarkan situs pemerhati militer dunia “Global Force Power” pada bulan Maret lalu, Mesir turun 5 peringkat dari sebelumnya di urutan 13 kini menempati urutan ke 18 ditahun 2015.

Peringkat pertama masih diduduki oleh Amerika Serikat dan Rusia ditempat kedua. Sedangkan Turki turun dari posisi ke 8 menjadi ke 10.

Menanggapi peringkat tersebut, seorang ahli militer Mayjen Adel Suleiman mengatakan bahwa negara-negara di atas jauh unggul dari Mesir karena kekuatan tentara mereka dengan menggunakan senjata dan teknologi militer, ilmu pengetahuan, dan industri senjata.

“Akan tetapi jika tidak ada semua itu tentara Mesir adalah yang terkuat,” ujar jenderal Mesir. (Rassd/Ram)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tahukah Anda Lainnya

Trending