Senin, 14 Rajab 1444 H / 6 Februari 2023

4 Maret in History

Eramuslim – Berbagai peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada 4 Maret. Beberapa di antaranya terkait dengan sejarah perkembangan Islam.

Berikut 2 peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 4 Maret, seperti Okezone rangkuman dari Wikipedia:

1193 – Meninggalnya Pejuang muslim, Salahuddin Ayyubi.

Yusuf bin Najmuddin al-Ayyubi atau Salahuddin Ayyubi alias Saladin merupakan seorang jenderal dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak saat ini). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah, sebagian Yaman, Irak, Mekkah Hejaz dan Diyar Bakr.

Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang ksatria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentara salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang ulama. Ia memberikan catatan kaki dan berbagai macam penjelasan dalam kitab hadits Abu Dawud.

1621 – Pemerintah Kota Batavia dibentuk di Jayakarta

Pada 4 Maret 1621, pemerintah Stad Batavia (Kota Batavia) dibentuk. Selama 8 tahun kota Batavia sudah meluas 3 kali lipat. Pembangunannya selesai pada tahun 1650.

Kota Batavia sebenarnya terletak di selatan Kastil yang juga dikelilingi oleh tembok-tembok dan dipotong-potong oleh banyak parit.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Nama-Nama Lain dari Bulan Rajab

Rabu, 26/02/2020 12:30

4 Keistimewaan Bulan Rajab

Rabu, 26/02/2020 12:00

Tahukah Anda Lainnya

Trending