Jum'at, 10 Rabiul Awwal 1444 H / 7 Oktober 2022

5 Permainan yang Pernah Dimainkan Rasulullah

Eramuslim.com – Sebagai manusia, ada kalanya seseorang mengalami rasa bosan dalam hidup. Terkadang rasa semangat sangat dibutuhkan untuk kembali menjalani aktivitas dan ibadah.

Salah satu cara untuk mengembalikan semangat itu adalah dengan cara menghibur diri. Dalam Islam, ada beberapa permainan yang beberapa kali, menurut sejumlah riwayat, pernah dilakukan Rasulullah SAW.

Mengutip buku Tuntas Memahami Halal dan Haram, karya Syekh Yusuf al-Qaradhawi, berikut sejumlah permainan santai yang pernah dijalankan Rasulullah:

Pertama, lomba lari. Perlombaan ini biasa dilakukan para sahabat dan diakui Rasulullah saw. Diriwayatkan bahwa Salamah ibn al-Akwa adalah seorang pelari tercepat. Bahkan, Rasulullah bersama istrinya Aisyah kerap kali membuat perlombaan untuk melatih sikap kesederhanaan, mengembalikan kesegaran badan, dan memberi pelajaran pada sahabat.

Kedua, gulat. Menurut hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan at-Tirmidzi, Rasulullah pernah bergulat dengan seorang lelaki yang dikenal kuat pada zaman itu. Lelaki itu bernama Rukanah. Permainan ini dilakukan Rasulullah beberapa kali.

Ketiga, memanah. Salah satu olah raga yang disunahkan Rasul ialah melemparkan anak panah. Lebih dari sekadar hiburan dan permainan, Rasulullah memandang bahwa memanah merupakan satu bentuk persiapan kekuatan yang diperintahkan Allah SWT.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Seni Membuat Pedang di Dunia Islam

Sabtu, 30/10/2021 08:30

Tahukah Anda Lainnya

Trending