Senin, 16 Muharram 1444 H / 15 Agustus 2022

6 Buah dalam Alquran, Nomor 5 Obat Racun

Eramuslim – TAK cukup hanya dengan kabohidrat, lauk pauk dan sayuran, buah juga berperan penting sebagai salah satu makanan yang menyehatkan bagi manusia. Bahkan, dalam Alquran disebutkan beberapa buah bermanfaat untuk kesehatan dan masing-masing memiliki khasiat yang berbeda.

Lalu buah apa saja yang tertulis dalam Alquran? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

1. Buah Tin

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

Demi buah tin dan buah zaitun”. QS. At Tin

Buah yang terdapat dalam surah At-Tin ini dikenal dengan buah dari surga. Selain mampu membunuh bakteri, buah tin mengandung nutrisi yang tinggi dan lengkap, baik itu nutrisi dalam bentuk vitamin ataupun mineral sehingga dapat mencegah kanker ataupun masalah pencernaan. Meskipun manis, buah tin juga cocok dikonsumsi ketika diet.

2. Kurma

{فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا (24) وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا (25) فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا (26) }

Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: ‘Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah….” (QS. Maryam : 24-26)

Kurma adalah buah khas timur tengah yang sering dijumpai selama bulan Ramadhan. Buah ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa karena mengandung kadar glukosa dan fruktosa yang tinggi dan dapat menggantikan energi yang hilang. Kurma juga bisa membantu membunuh dan mengurangi jumlah cacing dalam tubuh.

3. Zaitun

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Zaitun merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat bagi manusia. Zaitun dapat menyehatkan fungsi hati karena klorin yang terkandung di dalamnya. Selain itu, zaitun juga dapat melancarkan saluran pencernaan.

Tak hanya buahnya, Zaitun juga dapat diambil minyaknya. Olahan minyak zaitun dapat dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan sehat.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Mengenal Istilah Fiqh Hadits

Senin, 16/12/2019 07:17

Tahukah Anda Lainnya

Trending