Jum'at, 4 Rajab 1444 H / 27 Januari 2023

9 Pola Hidup Sehat Hidup Rasulullah yang Patut Ditiru

Eramuslim – NABI Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah pemimpin yang begitu diteladani. Rasulullah selalu mengajarkan hal-hal mudah dalam kehidupan sehari-harinya, dan itu dapat menjadi salah satu amalan sunah serta dapat umat Islam contoh.

Dilansir dari laman About Islam, Rabu (11/3/2020) ada sembilan kebiasaan Nabi Muhammad yang bisa umat Islam contoh, yaitu:

1. Tidur Awal

Setiap hari Nabi Muhammad tidur lebih awal dan bangun ketika Adzan Subuh. Menjadi riser awal secara ilmiah dan dikaitkan dengan produktivitas yang lebih baik. Kebiasaan Nabi ini juga baik untuk kesehatan mental yang lebih baik.

Meski bangun lebih awal mungkin terasa sulit, tetapi jika dicoba secara perlahan maka akan menjadi kebiasaan yang sangat baik seperti yang Rasulullah contohkan.

2. Kurangi Makan

Kebiasaan makan lebih sedikit untuk mencegah penyakit juga dilakukan oleh Nabi Muhammad, dan saat ini hal tersebut juga banyak didukung oleh para pakar sains.

Konsep Islam ‘1/3 untuk makanan, 1/3 untuk cairan, dan 1/3 untuk napas’ sangat cocok dengan konsep Japanese hara hachi bu’ dari Jepang, berarti makan hanya sampai hanya 80% atau tidak terlalu kenyang.

3. Makan perlahan

Sudah jadi pengetahuan umum, mengetahui bahwa tubuh manusia membutuhkan 20 menit untuk mengirim sinyal ke otak jika sudah penuh. Makan secara perlahan akan membantu makan lebih sedikt, dan meningkatkan pencernaan. Hal itu adalah praktik yang dilakukan Nabi Muhammad sendiri dan sangatlah dianjurkan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

4 Maret in History

Rabu, 04/03/2020 17:00

Tahukah Anda Lainnya

Trending