Jum'at, 14 Jumadil Awwal 1444 H / 9 Desember 2022

Cara Mencuci Baju Sesuai Syariat Islam

Eramuslim – MENCUCI baju adalah salah satu kegiatan yang akrab dengan kita sehari-hari. Setiap orang pasti mencuci baju 2-3 kali seminggu.

Ada pula yang menumpuknya hingga seminggu karena hanya ada waktu luang di akhir pekan. Bahkan, di era modern sekarang ini sangat lazim rumah tangga yang mencuci baju menggunakan jasa laundry.

Urusan mencuci baju memang kelihatannya sepele. Namun, sebenarnya urusan mencuci ini tak bisa disepelekan. Pakaian yang Anda kenakan sehari-hari haruslah bebas dari najis. Apalagi pakaian untuk salat. Tentunya pakaian harus suci dari najis karena hal ini merupakan salah satu syarat syahnya salat.

Sudah saatnya kita memerhatikan betul bagaimana cara mencuci baju yang sesuai syariat. Baju yang dicuci tidak hanya asal bersih, namun juga harus suci. Cara mencuci yang tidak benar akan menghasilkan pakaian yang masih mengandung najis. Tentunya pakaian ini tidak syah untuk salat!

Oleh karena itu, perhatikan cara mencuci baju yang sesuai syariat berikut ini.

1. Pisahkan Baju yang Kena Najis

Untuk menghindari najis menyebar ke baju-baju yang lain, maka sebelum memasukkannya ke dalam bak cuci pisahkan dulu pakaian yang sudah jelas kena najis (darah, kencing, muntah, kotoran manusia, kotoran hewan, dll). Hal ini supaya pakaian lainnya tidak ikut kena najis dari pakaian tersebut.

2. Bersihkan Najis

Langkah berikutnya, bersihkan najis yang menempel pada baju dengan cara sederhana yakni mengguyurnya dengan air. Usahakan najis ikut mengalir ke bawah seiring dengan aliran air hingga benar-benar bersih.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Nama-Nama Lain dari Bulan Rajab

Rabu, 26/02/2020 12:30

4 Keistimewaan Bulan Rajab

Rabu, 26/02/2020 12:00

5 Peristiwa Penting di Bulan Rajab

Rabu, 26/02/2020 08:32

Tahukah Anda Lainnya

Trending