Jum'at, 10 Rabiul Awwal 1444 H / 7 Oktober 2022

Diam-Diam Jepang Membangun Kekuatan Militernya, Rusia dan Cina Ketar-Ketir

Eramuslim.com – Dua negara adidaya Rusia dan China saat ini dibuat ketar ketir menyusul ambisi Jepang yang telah memulai gelombang baru militerisasi dalam beberapa tahun terakhir ini. Langkah Jepang ini cukup beralasan mengingat pasca-Perang Dunia II, Jepang bersekutu dengan Nazi Jerman dan merupakan negara terakhir yang menyerah dan meninggalkan kekuatan militernya sebagai sarana penyelesaian konflik. Setelah penyerahannya, pada tahun 1947 sebuah Konstitusi baru mulai berlaku, yang dalam pasal 9 memveto penggunaan kekuatan militer:

“Pasal 9. Mencita-citakan secara tulus perdamaian internasional berdasarkan keadilan dan ketertiban, rakyat Jepang selamanya meninggalkan perang sebagai hak kedaulatan bangsa dan ancaman atau penggunaan kekuatan sebagai cara untuk menyelesaikan perselisihan internasional. Untuk mencapai tujuan paragraf sebelumnya, kekuatan darat, laut, dan udara, serta potensi perang lainnya tidak akan pernah dipertahankan. Hak berperang negara tidak akan diakui ”.

Pada tahun 1954, Tokyo menerima otorisasi untuk membentuk kekuatan pertahanan diri militer yang sangat terbatas, yang tujuannya hanya untuk menjamin keamanan nasional dalam konteks global Perang Dingin dan bipolaritas, di mana Jepang – sebuah negara kebarat-baratan, kapitalis dan pro-Washington – merasa terus-menerus “terancam” oleh pertumbuhan kekaisaran Soviet dan China. Keputusan ini, meskipun merelatifkan penolakan Jepang atas kekuatan militer, masih mempertahankan kepentingan negara untuk menarik diri secara total dari perang sebagai instrumen yang sah dalam penyelesaian konflik. Sebaliknya, kekuatan pertahanan diri militer yang sangat terbatas tersebut hanya berfungsi sebagai sumber daya pertahanan diri dalam kasus kemungkinan ekstrim.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Isu Kebohongan Covid-19

Kamis, 19/11/2020 11:00

Tahukah Anda Lainnya

Trending