Rabu, 12 Jumadil Awwal 1444 H / 7 Desember 2022

Ida Tarbell, Perintis Metode Papers-Trail Dalam Jurnalisme Investigasi

Eramuslim.com -Sebuah liputan investigasi surat kabar yang bermuatan pencerahan buat masyarakat dan semangat perlawanan terhadap kemapanan dan kuasa uang, akhirnya bisa meruntuhkan dinasti ekonomi dan bisnis.

Terbukti lewat cerita tentang seorang wartawati perempuan asal Amerika, Ida Tarbell, ketika membongkar skandal pelanggaran Undang-Undang anti monopoli yang dilalukan perusahaan minyak terkuat di dunia milik tokoh industri Amerika Serikat, John D Rockefeller.

Yang menarik dari kisah ini bukan sekadar keberanian Ida Tarbell, melainkan ilmu investigasinya yang hingga kini mengisnspirasi para wartawan yang berhasrat kuat menyingkap apa yang sesungguhnya berlangsung di balik peristiwa.

Sebelumnya mari berkenalan dulu dengan Ida Tarbell. Ida lahir di Erie County, negara bagian Pennsylvania, pada 1857. Lulus dari Universitas Sorbone yang sohor di Prancis, ia kembali ke Amerika, dan bergabung sebagai wartawan pemula di McClure Magazine. Seturut kiprahnya yang semakin intens sebagai wartawan, tumbuh minatnya yang kuat untuk fokus berjihad melawan terhadap melawan korupsi di dunia politik dan bisnis. Bahkan belakangan juga, berhasrat kuat membongkar kejahatan korporasi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Sejarah Awal Sholat Jumat

Jumat, 24/12/2021 10:05

Tahukah Anda Lainnya

Trending