Rabu, 8 Rabiul Awwal 1444 H / 5 Oktober 2022

Ini Wabah Penyakit yang Pernah Ada pada Zaman Rasulullah

Eramuslim – Wabah virus korona Wuhan masih jadi perhatian dunia sebab penyakit ini cepat menular dan bisa menimbulkan kematian. Ternyata wabah juga pernah terjadi pada masa Nabi Muhammad SAW.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustadz Fauzan Amin mengatakan, pada masa Rasulullah SAW, wabah penyakit juga pernah ada. Penyakit itu menyebar cepat seperti virus korona Wuhan. Saat itu yang terjadi adalah wabah kusta menyebar ke seluruh masyarakan kala itu.

“Wabah penyakit juga terjadi di masa Nabi Muhammad namanya wabah kusta,” ujarnya saat dihubungi Okezone melalui sambungan telepon, Selasa (28/1/2020).

Ustadz Fauzan menjelaskan, Nabi Muhammad sendiri memiliki cara untuk menangani wabah yang gampang sekali menular. Hal ini dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari,

‏ لاَ تُدِيمُوا النَّظَرَ إِلَى الْمَجْذُومِينَ‏

Artinya: “Jangan kamu terus menerus melihat orang yang menghidap penyakit kusta.”

Hadist riwayat Imam Bukhari lainnya adalah

إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا

Artinya: “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.

Lebih lanjut , kata Ustadz Fauzan, apa yang dilakukan Pemerintah China sudah sesuai dengan apa yang Nabi Muhammad serukan. Pemerintah China tidak meninggalkan masyarakatnya, dan tetap ada di wilayah yang rawan penyakit.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Sabar Nak!

Jumat, 29/04/2011 05:56

Percaya pada Ramalan Apa Hukumnya?

Kamis, 08/06/2006 10:05

Marah kepada Orang Tua

Senin, 12/05/2008 05:14

Yu-Gi-Oh! dan Ritual Dajjal (Tamat)

Selasa, 03/11/2009 04:59

Cintaku Di Segala Sisi

Rabu, 04/11/2009 07:49

Baca Juga

Tahukah Anda Lainnya

Trending