Selasa, 17 Muharram 1444 H / 16 Agustus 2022

Inilah Penjelasan Kenapa Nyamuk Suka Terbang di Kepala Kita

Eramuslim.com – Sering kita merasa terganggu dengan suara nyamuk yang berdengung dekat telinga kita. Tak hanya itu, nyamuk juga suka berputar-putar di atas kepala sehingga mengganggu aktifitas dan istirahat kita.

Perlu diketahui, semua itu karena tubuh kita mengeluarkan karbon dioksida yang menarik bagi nyamuk. Bagian kepala manusia merupakan bagian yang paling banyak mengeluarkan karbon dioksida.

“Dengung di telinga Anda sebagian besar hanyalah efek samping dari kepakan sayap nyamuk,” kata Michael Riehle, seorang profesor entomologi di Universitas Arizona seperti dikutip Live Scienve.

Dengung yang didengar kemungkinan besar berasal dari nyamuk betina. Itu karena nyamuk jantan dan betina menjalani kehidupan yang sangat berbeda. Jantan biasanya mengisap nektar bunga. Sedangkan betina perlu mengisap darah setelah kawin agar memiliki energi yang cukup untuk menghasilkan telur.

Nyatanya, nyamuk betina dilengkapi dengan peralatan unik untuk mendekati manusia. “Dari kejauhan, [nyamuk betina] memberi isyarat pada karbon dioksida yang kita hembuskan dalam bentuk kerucut dari tubuh kita,” kata Riehle.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tahukah Anda Lainnya

Trending