Jum'at, 20 Muharram 1444 H / 19 Agustus 2022

Jangan Asal Bersedekah, Perhatikan 7 Hal Ini

Eramuslim – Bersedekah adalah ibadah yang mulia. Dengan bersedekah, Islam mengajak dan mendorong bersedekah sebagai kasih sayang kepada orang-orang yang lemah dan membantu orang-orang fakir. Tak hanya itu, sedekah juga akan menambah pahala yang diperoleh.

Namun, menurut Syekh Muhammad bin Ibrahim at-Tuwayjiry, dalam buku “Sedekah Sunnah,” menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum bersedekah. Berikut ini sejumlah perkara yang penting diperhatikan sebelum bersedekah:

  1. Lakukan dengan ikhlas karena Allah SWT tidak dimasuki dan dicampuri riya dan sum’ah (ingin dipuji orang)

Dari Umar bin Khathb RA, dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya setiap amal disertai niat, dan seseorang itu hanya akan mendapatkan apa yang diniatkannya.'” (HR Bukhari no 1 dan Muslim no  1907)

  1. Harus berasal dari harta yang halal dan baik

Allah SWT itu Mahabaik, tidak menerima kecuali yang baik. Firman Allah SWT: “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Mahakaya lagi Mahaterpuji.” (QS al-Baqarah [2]: 267)

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tahukah Anda Lainnya

Trending