Kamis, 6 Jumadil Awwal 1444 H / 1 Desember 2022

Mengapa Ketika Menggigit Es Krim Gigi Terasa Nyeri, Ini Penjelasannya

Eramuslim.com – Para ilmuwan telah mendapatkan jawaban mengapa menggigit es atau meminum sesuatu yang sangat dingin menyebabkan rasa nyeri yang menyiksa bagi sebagian orang. Mereka telah menemukan sel dan sinyal di gigi sensitif yang mendeteksi penurunan suhu yang besar dan memicu sakit gigi dan sentakan otak.

Dikutip BBC News, orang dengan kerusakan gigi rentan terhadap nyeri ketika tersentuh air es karena jalur syarafnya terbuka. Ini menjadi alasan bagi orang tersebut untuk mendapatkan perawatan, bisa melalui tambalan gigi atau penggunaan pasta gigi yang baik.

Prof Katharina Zimmermann peneliti utama dari penelitian tersebut mengatakan, target tersebut disebut TRPC5. Tim Prof Zimmermann di Universitas Friedrich-Alexander Erlangen-Nürnberg di Jerman menelusuri lokasi target itu ke jenis sel tertentu.

Diketahui kalau rasa sakit itu berada di antara pulpa lunak bagian dalam dan lapisan luar yang keras dari gigi yang terdiri dari dentin dan enamel. Enamel tidak terhubung ke syaraf, tidak seperti dentin lapisan berikutnya. Dentin terhubung ke pulpa paling dalam, tempat tinggal sel-sel saraf.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hebatnya Intelijen Rasulullah Saw

Rabu, 24/03/2021 06:30

Asal Usul Nama Bogor

Kamis, 18/03/2021 12:00

Tahukah Anda Lainnya

Trending