Jum'at, 14 Jumadil Awwal 1444 H / 9 Desember 2022

Program Rahasia PRISM, Mampu Menyadap Jutaan Percakapan dan MedSos Per Detik

Eramuslim.com – Semula saya bingung apa yang dimaksud dengan PRISM ketika dikaitkan dengan bocoran informasi yang dirilis oleh Edward Snowden, mantan kontraktor National Security Agency, Dinas Keamanan Nasional AS yang lebih besar skalanya dari CIA. Program rahasia ini rupanya memiliki logo yang terinspirasi oleh album grup music Pink Floyd yang cukup terkenal pada decade 1970-an, Dark Side of the Moon.

Logo tersebut memancarkan sinar menjadi sebuah spectrum yang berwarna-warni. Nampaknya inilah yang menginspirasi Edward Snowden untuk menggunakan istilah Program PRISM berikut fungsinya, ketika membocorkan sebuah presentasi melalui Power Point berisi 41 silde. Apa informasi ekslusif Snowden yang dibocorkan yang dia sebut sebagai Program Rahasia PRISM itu?

Salah satunya, menginformasikan adanya persetujuan perusahaan-perusahaan di Silicon Valley untuk menjadi mitra bisnis NSA. Adapun perusahaan pertama yang menyediakan materi yang dibutuhan untuk Program PRISM itu adalah Microsoft.

Perjanjian kerja sama ditandatangani pada 11 September 2007, tepat 6 tahun setelah peristiwa 9/11. Kemudian disusul Yaho pada Maret 2008, dan Google pada Januari 2009. Lalu dengan Facebook pada Juni 2009. PalTalk pada Desember 2009, YouTube pada September 2010. Skype pada Februari 2011 dan AOL pada Maret 2011. Adapun Apple sempat mengulur-waktu selama 5 tahun, namun akhirnya menandatangani juga pada Oktober 2012. Setahun setelah Steve Jobws meninggal dunia.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tahukah Anda Lainnya

Trending