Senin, 28 Safar 1444 H / 26 September 2022

Satelit Ungkap China Masih Doyan Gunakan Zat Perusak Ozon Freon-11

Eramuslim.com – Zat CFC-11 (Trichlorofluoromethane, juga dikenal sebagai Freon-11) yang merusak ozon diduga kembali digunakan secara masif di China . Padahal China termasuk dari 198 negara yang meratifikasi Protokol Montreal .

Ozon stratosfer, juga dikenal sebagai lapisan ozon Bumi, membantu melindungi kita dari sinar Ultraviolet (UV) Matahari yang berbahaya. Senyawa seperti CFC-11, bahan kimia yang pernah dianggap aman dan banyak digunakan sebagai zat pendingin dan dalam produksi isolasi untuk bangunan, naik ke stratosfer setelah emisi di permukaan bumi.

Begitu berada di atmosfer, CFC dipecah oleh sinar UV dan mengakibatkan kerusakan molekul ozon, keduanya mengurangi konsentrasi ozon stratosfer secara global. Ini berkontribusi pada “lubang” di lapisan yang muncul di atas Antartika pada musim semi.

Situs nasa.gov menyebutjan, pada 1987, Protokol Montreal yakni sebuah perjanjian internasional yang diberlakukan untuk melindungi lapisan ozon dari degradasi tambahan, melarang produksi baru dan perdagangan zat perusak ozon seperti CFC-11. Sebanyak 198 negara telah menandatangani perjanjian tersebut.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tahukah Anda Lainnya

Trending