Jum'at, 4 Rajab 1444 H / 27 Januari 2023

Walau Singapura Kota Termahal Di Dunia, Orang Indonesia Tetap Raja Banyak Belanja Disini

4737338685_9364483e55_zEramuslim.com – Singapura mengukuhkan posisinya sebagai negara termahal di dunia, Selasa (3/3). ‘Prestasi’ ini dinobatkan oleh Economist Intelligence Unit (EIU) melalui serangkaian penelitian. Lima peringkat terbesar tidak berubah sejak tahun lalu, yaitu Singapura, Paris, Oslo, Zurich dan Sydney. EIU menyurvei 133 kota diseluruh dunia dan menggunakan New York sebagai standar.
Mahal menunjukan biaya untuk lebih dari 160 layanan dan produk termasuk makanan, pakaian dan peralatan. Singapura mencapai 11 persen lebih mahal daripada New York untuk kebutuhan-kebutuhan dasar. Singapura juga menempati negara dengan pakaian termahal di dunia. ”Harganya 50 persen lebih mahal dari New York,” kata EIU, dikutip BBC. Seoul juga 11-12 dengan Singapura dalam hal pakaian termahal.
Secara signifikan, harga mobil di negara kecil itu lebih mahal karena sistem Certificate of Entitlement. Ongkos transport di sana lebih tinggi tiga kali lipat daripada di New York.
Survei dilakukan secara online sehingga para ekspatriat dan pelancong bisnis bisa mengalkulasi harga. EIU mengatakan sangat sulit untuk peringkat-peringkat ini berubah mengingat jatuhnya harga minyak dengan tekanan deflasi di banyak market.
Perubahan nilai uang bahkan membuat Caracas, Venezuela meluncur dari peringkat enam menjadi peringkat 124. Pada 2013, peringkat pertama diduduki Tokyo. Namun 2014, posisinya digeser Singapura.
Jepang harus puas di posisi 11 tahun ini. Sementara, lima negara termurah menurut EIU adalah Karachi Pakistan, Bangalore India, Caracas Venezuela, Mumbai India dan Chennai India. EIU mengatakan banyaknya subsidi pada bahan pokok membuat tiga kota di India masuk peringkat tersebut.

Yang menarik, walau menjadi kota termahal di dunia sejak tahun lalu, namun tercatat wisatawan yang paling banyak mengunjungi dan menghabiskan uangnya untuk berbelanja di Singapura adalah orang Indonesia! Tahun 2011 saja, ada sekitar 2,5 juta turis Indonesia wara-wiri di Singapura. Dan angka ini terus bertambah setiap tahunnya.

Sejak tahun 2009, Indonesia sudah menduduki peringkat pertama dari wisatawan 5 negara yang paling sering pelesiran ke Singapura. Dengan angka 1.745.330 wisatawan yang datang berlibur, Indonesia berhasil mengungguli China, Malaysia, Australia dan India.
Hal ini pun berulang di tahun 2010 dan 2011. Tahun 2010, turis Indonesia yang melancong ke Singapura naik, menjadi 2,3 juta jiwa. Begitu pun pada tahun 2011, hampir 2,5 juta turis asal Indonesia bertandang ke Negeri Merlion.
Data ini lebih besar dibanding negara lain seperti China yang berada di urutan kedua dengan kunjungan wisatawan ke Singapura sejumlah 1,5 juta orang. Sebesar 1,1 juta wisatawan asal Malaysia datang ke Singapura, Australia sebesar 956 ribu wisatawan, dan India sebesar 868 ribu wisatawan, seperti yang pernah disampaikan Singapore Tourism Board.(rz)

 

 

 

 

 

 

 

(rz)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tahukah Anda Lainnya

Trending