Kamis, 2 Rabiul Awwal 1444 H / 29 September 2022

Wombat Satu-satunya Mahluk Bumi yang Kotorannya Berbentuk Kotak, Kok Bisa!

Eramuslim.com – Jika melihat kotoran hewan, tentu akan terbayang bentuknya yang bulat atau lonjong. Namun Wombat, hewan marsupial asli Australia ini mempunyai bentuk kotoran yang tidak biasa, yakni kotak.

Bentuk kotoran yang beda dari hewan lainnya ini membuat peneliti penasaran. Setelah mempelajari struktur anatomi dan jaringan dalam Wombat, akhirnya diketahui kenapa kotoran hewan ini berbentuk kotak.

Dilansir Live Science, penelitian dalam kasus ini sudah dilakukan ilmuwan sejak 2018 lalu dan pernah dipresentasikan di konferensi American Physical Society Division of Fluid Dynamics. Namun tidak secara spesifik, ilmuwan merinci bagaimana kotoran Wombat bisa berbentuk kotak.

Tapi sekarang, setelah mempelajari jaringan usus Wombat dengan pemindaian CT (computed tomography), tim mengetahui bahwa geometri kubik kotoran kemungkinan berasal dari saluran usus wombat.

Panjang usus wombat, sekitar 32 kaki (10 meter), atau sekitar 10 kali panjang tubuhnya. Tetapi empat tempat dari bagian usus lainnya adalah kunci untuk membentuk kotoran menjadi kotak.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Alhamdulillah ‘Ala Kulli Haal

Selasa, 16/02/2021 13:36

Tahukah Anda Lainnya

Trending