Kamis, 2 Rabiul Awwal 1444 H / 29 September 2022

Hukum Shalat Sunnah di Tengah Hari

Assalamualaikum Pak Ustad

Langsung aja pak ustad, saya pernah membaca hadist ada pelarangan solat sunat apapun diantaranya pas matahari tepat di atas kepala kita kecuali pada hari jumat. Yang saya tanyakan kira – kira rentang waktu pelarangan tersebut berapa menit sebelum adzan zuhur dikumandangkan? Karena banyak saya lihat orang2 pada solat sunat pada saat waktu masuk mesjid, padahal udah mau adzan zuhur.

Terima kasih atas jawabannya.

Wasalam

Bayu

Waalaikumussalam Wr Wb

Saudara Bayu yang dirahmati Allah swt

Terdapat tiga waktu dari waktu-waktu yang didalamnya dilarang melakukan shalat, yaitu:

1. Ketika matahari terbit hingga ia agak meninggi

2. Ketika matahari tepat berada di pertengahan langit hingga ia telah condong ke barat

3. Ketika matahari hampir terbenam hingga ia tebenam.

Hal itu didasarkan apa yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Uqbah bin Amir Al Juhani berkata; "Ada tiga waktu, yang mana Rasulullah saw telah melarang kita untuk shalat atau menguburkan jenazah pada waktu-waktu tersebut. (Pertama), saat matahari terbit hingga ia agak meninggi. (Kedua), saat matahari tepat berada di pertengahan langit (tengah hari tepat) hingga ia telah condong ke barat, (Ketiga), saat matahari hampir terbenam, hingga ia terbenam sama sekali."

Waktu ketika matahari tepat dipertengahan langit adalah sedikit sebelum masuk waktu shalat zhuhur, sekitar ¼ atau 1/3 jam sebelumnya. (Fatawa Asy Syeikh Ibn Baaz 11/286). Sementara sebagian ulama berpendapat bahwa ia lebih pendek lagi dari itu. Ibnu Qasim—semoga Allah merahmatinya—mengatakan,”Sesungguhnya ia adalah waktu yang sempit yang tidak cukup untuk melaksanakan shalat namun dimungkinkan untuk melakukan takbirotul ihram saja.” (Hasyiyah Ibnu Qasim Ala ar Raudh al Murabba’ 2/245). (Fatawa al Islam Sual wa Jawab No. 20013)

Sedangkan pendapat yang membolehkan pelaksanaan shalat sunnah ketika matahari tepat berada dipertengahan langit pada hari jum’at adalah pendapat Imam Syafi’i.

Wallahu A’lam

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hukum Ber-KB dengan Kontrasepsi

Senin, 16/08/2010 11:01

Utang Puasa Ibu Hamil

Selasa, 20/07/2010 15:07

Ustadz Menjawab Lainnya

Trending